Breaking News:

KKB Papua

Sertu Ari Baskoro Gugur Ditembak KKB, Jenderal Andika Perkasa Ubah Penanganan Konflik di Papua

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku tidak kaget dengan adanya KKB di Papua yang menewaskan satu anak buahnya, Sertu Ari Baskoro.

Editor: Putri Safitri
Handover
Jenderal Andika Perkasa (kiri), KKB Papua (kanan). 

TRIBUNPALU.COM - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku tidak kaget dengan adanya penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang menewaskan satu anak buahnya, Sertu Ari Baskoro.

Sebagai catatan, penyerangan KKB kali ini merupakan kejadian pertama setelah Andika dilantik sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11/2021) lalu. 

Andika mengatakan terkait penanganan KKB di Papua, Andika bakal segera memutuskan perubahan penangan konflik di Papua sebagaimana yang pernah ia sampaikan saat dirinya menjalani fit and proper test calon Panglima TNI beberapa waktu lalu.

Ia mengaku tidak kaget dengan penyerangan KKB yang baru saja terjadi.

"Itu hal yang akan saya putuskan perubahannya sesuai dengan apa yang saya sampaikan pada saat fit and proper test. Memang itu rencana saya. Tetapi, kemarin itu memang bukan sesuatu yang saya kaget. Terus terang tidak. Karena kita kan juga sudah mengamati," katanya dikutip dari KompasTV, Senin (22/11/2021).

Baca juga: Usai Ditegur Jokowi, Direksi Pertamina Kini Disentil Erick ThohIr Soal Pungli di Toilet SPBU

Baca juga: Pakar Politik Nilai Prabowo Kurang Wow untuk Dampingi Puan Maju di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Lebih lanjut, dengan perubahan yang bakal ia terapkan, Andika berharap penanganan konflik di Papua bakal lebih efektif.

"Tapi harus melakukan suatu pendekatan yang berbeda sehingga saya berharap akan lebih efektif. Sementara. Karena saya juga akan orientasi di satuan internal termasuk penanganan-penanganan operasi di seluruh Indonesia," terangnya. 

Baca juga: Resmi Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Alasan Orangtua Jenderal Andika Perkasa Tak Dirsorot

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa saat memberikan keterangan terkait polemik taruna Akademi Militer (Akmil) Enzo Zenz Allie di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Selasa (13/08/2019). TNI AD menyatakan tetap mempertahankan Enzo sebagai taruna Akmil, setelah yang bersangkutan menjalani tes lanjutan dan memperoleh hasil indeks moderasi bernegara sebesar 84 persen.
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa saat memberikan keterangan terkait polemik taruna Akademi Militer (Akmil) Enzo Zenz Allie di Mabes TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Selasa (13/08/2019). TNI AD menyatakan tetap mempertahankan Enzo sebagai taruna Akmil, setelah yang bersangkutan menjalani tes lanjutan dan memperoleh hasil indeks moderasi bernegara sebesar 84 persen. (Tribunnews.com/Jeprima)

Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, prajurit TNI AD dari Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil Suru-suru, Sertu Ari Baskoro gugur setelah ditembak KKB.

KKB melakukan serangan di Komando Rayon Militer (Koramil) Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua, Sabtu (20/11/2021) pagi.

Dua anggota TNI menjadi korban serangan kelompok tersebut.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved