Breaking News:

Parimo Hari Ini

Perjuangan Pahlawan Nasional Tombolotutu akan Dimasukkan ke Kurikulum Pembelajaran

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura akan memasukkan perjuangan Pahlawan Nasional Tombolotutu ke kurikulum di sekolah se Sulteng.

Editor: Muh Ruliansyah
FKIP UNTAD
SKETSA FOTO TOMBOLOTUTU 

TRIBUNPALU.COM, PARIGI MOUTONG - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura akan memasukkan perjuangan Pahlawan Nasional Tombolotutu dalam kurikulum di sekolah se Sulawesi Tengah.

Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri malam ramah tamah sekaligus syukuran atas ditetapkannya Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional pertama di Sulawesi Tengah, bertempat di Rumah Raja Moutong di Tinombo, Jum'at (26/11/21) malam.

"Selaku Pemerintah Sulawesi Tengah saya akan memasukan sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Tombolotutu dalam Kurikulum di sekolah SD, SMP, dan SMA serta sederajat yang ada di Sulawesi Tengah," ucapnya.

Baca juga: Mengenang Perjuangan Pahlawan Tombolotutu, Gubernur Sulteng Minta Napak Tilas Dilakukan Setiap Tahun

Lanjut Rusdy Mastura, tujuan dimasukkanya Pahlawan Nasional Tombolotutu ke kurikulum pendidikan di sekolah agar semua anak didik mengetahui perjuangan Tombolotutu melawan Belanda pada masa penjajahan.

"Saya kira ini penting agar anak-anak kita mengetahui sejarah Pahlawan Nasional Tombolotutu," ujarnya.

Gubernur Rusdi Mastura saat menghadiri acara ramah tamah sekaligus syukuran telah ditetapkannya Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo, bertempat di Rumah Raja Moutong di Tinombo (26/11/2021).
Gubernur Rusdi Mastura saat menghadiri acara ramah tamah sekaligus syukuran telah ditetapkannya Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo, bertempat di Rumah Raja Moutong di Tinombo (26/11/2021). (Handover)

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Salinan Keputusan Presiden (Kepres) Penganugrahan Tombolotutu sebagai Pahlawan Nasional dari Ahli Waris keluarga Tombolotutu diwakili Mulhanan Tombolotutu kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong yang diterima oleh Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai dan diserahkan Kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam hal ini Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura.

Bersamaan itu pula diserahkan foto Tombolotutu untuk disimpan dan dipajang di museum. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved