Breaking News:

Larang OPM Rayakan HUT, Kapolres Merauke: Ini Zona Damai, Kalau Mau Demo ke Istana Presiden

Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji dengan keras melarang segala bentuk kegiatan yang berbau dengan sparatis kemerdekaan Papua di Kabupaten Merauke.

Editor: Putri Safitri
KOMPAS.com/BUDY SETIAWAN KONTRIBUTOR KOMPAS TV MANOKWARI
ILUSTRASI. Sejumlah massa dari masyarakat Papua yang membentangkan bendera bintang Bintang kejora lambang OPM dalam aksi unjuk rasa.(KOMPAS.com/ BUDY SETIAWAN KONTRIBUTOR KOMPAS TV MANOKWARI) 

TRIBUNPALU.COM - Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji dengan keras melarang segala bentuk kegiatan yang berbau dengan sparatis kemerdekaan Papua di Kabupaten Merauke.

Bahkan dirinya tidak segan-segan melotarkan bahasa akan menindak tegas siapun yang melakukannya.

Seperti yang diketahui, 1 Desember diklaim oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) sebagai HUT.

Aparat gabungan TNI-Polri bersiaga dan mewaspadai potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibnas) di Papua.

"Merauke merupakan zona damai, miniatur Indonesia yang damai,” ucapnya

“Bila ada aksi rapat gelap, doa bersama dan pengibaran bendera Bintang kejora di wilayah Merauke tentu akan ditindak tegas,” ancamnya.

Ia pun dengan lugas mengatakan apabila ingin memperingati HUT OPM atau berorasi (demo) silahkan mendatangai Istana Presiden.

“Kalau mereka (OPM, Red) ingin melakukan peringatan HUT OPM jangan di sini(Merauke, red).  Lakukan di tempat lain atau demo di istana presiden. Karena pimpinan kita ada di Jakarta,” bebernya.

Untung juga menceritakan sejarah ratusan tahun lalu bahwa Ibu Kota Papua ada Sowasiu dipimpin seorang raja Kesultanan Tidore.

“Panglima perang Tidore saat itu marganya sama dengan saya, Sangaji. Ratusan tahun sebelum kita lahir, pemerintah Sultan Tidore telah membangun masyarakatnya di seluruh Papua sampai Selat Malaka. Yang ingin merdeka, pigi di tempat lain jangan di sini, Merauke,” ungkapnya. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved