Tepat di HUT OPM, Jenderal Andika Perkasa Datangi Papua

Hari ini, 1 Desember diklaim sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Editor: Muh Ruliansyah
Tribunnews.com/Jeprima
Jenderal TNI Andika Perkasa 

TRIBUNPALU.COM - Hari ini, 1 Desember diklaim sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Tepat pada momen HUT OPM tersebut, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkunjung ke Papua.

Kunjungan itu merupakan pertama kali sejak Jenderal Andika Perkasa dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari informasi yang dihimpun Tribun-Papua.com, keberadaan Jenderal Andika di Kota Jayapura untuk melihat secara langsung Kamtibmas serta melakukan sejumlah pertemuan dengan petinggi tiga matra TNI.

Baca juga: Hukuman Mati Membayangi Bos KKB Papua, Kini Tak Berdaya Usai Ditangkap Satgas Nemangkawi

Jenderal Andika juga dijadwalkan akan memberikan arahan di Makodam XVII/Cenderawasih, serta meninjau vaksinasi di Lapangan Trisila Yon Mahanian, Hamadi, Distrik Jayapura Utara.

Selepas berkunjung ke Papua khususnya di Kota Jayapura, Jenderal Andika akan bertolak ke Bali pada Kamis (2/12/2021), untuk menggelar pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo di Hotel Apurva Kempinski.

Sekadar diketahui, untuk menjaga kamtibmas di wilayah Papua khususnya wilayah perbatasan RI-PNG, aparat kemanan sudah mengantisipasinya jauh-jauh hari.

Direskrimum Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadhani, mengatakan pihaknya menemukan indikasi peningkatan aktivitas di kawasan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini (PNG) jelang 1 Desember yang bertepatan dengan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Baca juga: Larang OPM Rayakan HUT, Kapolres Merauke: Ini Zona Damai, Kalau Mau Demo ke Istana Presiden

"Ada peningkatan aktivitas penyeberangan (dari Indonesia ke PNG) jelang 1 Desember karena biasanya mereka lakukan upacara di markas Victoria," kata Faizal dikutip Tribun-Papua.com dari laman Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Akibat peningkatan aktivitas itu, perbatasan resmi RI-PNG ditutup sementara.

Sementara, pengawasan di jalur penyeberangan tradisional diperketat.

Faizal memastikan tingkat kewaspadaan aparat keamanan telah ditingkatkan untuk meminimalisir adanya aksi pada momen tersebut.

Kabupaten atau kota di Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini adalah Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Merauke.

Baca juga: HUT OPM 1 Desember, Bendera Bintang Kejora Berkibar di GOR Cenderawasih Jayapura

Selain di Merauke, kawasan perbatasan di Papua menjadi fokus pengawasan aparat keamanan karena jalur tersebut biasa digunakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beraktivitas.

Selain di kawasan perbatasan, aparat keamanan menambah jumlah personel di beberapa wilayah pegunungan yang dianggap rawan.

"Kami lakukan penebalan di beberapa kabupaten, seperti di Intan Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Puncak, Nduga dan Tembagapura (Mimika)," ujar Faizal. (*)

(Sumber: Tribun-Papua.com)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved