Breaking News:

Palu Hari Ini

Damkar Palu Harap PLN Edukasi Warga Kerkait Kelistrikan

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu Sudaryano R Lamangkona menyebut, seringnya terjadi kasus kebakaran disebabkan oleh arus pend

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/ALAN
Kepala Damkar Kota Palu Sudaryano R Lamangkona 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu Sudaryano R Lamangkona menyebut, seringnya terjadi kasus kebakaran disebabkan oleh arus pendek kelistrikan.

Olehnya, Sudaryano R Lamangkona mengharapkan peran aktif pihak PLN dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dalam urusan kelistrikan.

Itu diungkapnya saat ditemui media TribunPalu.com di ruangannya Jl Balai Kota Palu, Kelurahan Tanamonindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Selasa (11/1/2022) siang.

"Kalau edukasi kepada masyarakat kita serahkan semuanya kepada PLN, karena itu ranahnya mereka. Kita harapkan PLN itu berperan aktif dalam memberikan edukasi material listrik itu berdasarkan standar," pinta Sudaryano R Lamangkona.

Menurut Sudaryano R Lamangkona, pemberian edukasi tentang kelistrikan ini penting.

Karena jika warga tidak paham tentang listrik agar dapat diserahkan langsung kepada ahlinya.

Jangan sampai nanti mencampur aduk kabel yang semestinya tidak bisa digunakan.

Akhirnya terjadi korsleting dan menyebabkan kebakaran.

"Tujuannya juga agar warga ini memahami bahwa kalau tidak paham tentang listrik serahkan kepada ahlinya, jangan sampai salah menggunakan material listrik," tegas Sudaryano R Lamangkona

Sudaryano R Lamangkona menuturkan, selama ini Damkarmat dan PLN selalu berkoordinasi dengan baik.

Saling membantu dalam konteks peran dan tugas masing-masing.

Sehingga penanganan seperti pemadam kebakaran dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada korban jiwa akibat aliran listrik.

"Kita berkoordinasi dengan PLN itu saat terjadi kebakaran, untuk memutuskan aliran listrik, kan ini banyak kejadian pohon akibat tumbang, dan kabel putus, dan kita langsung melakukan koordinasi kepada PLN," beber Sudaryano R Lamangkona. (*) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved