Ramadhan 2022

Kemenag Palu Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Tahun 2022

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Palu, Nasruddin L Midu mengungkapkan, untuk penetapan besaran zakat Fitrah tahun 2022 di Kota Palu adalah 2,5 Kg b

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Palu, Nasruddin L Midu. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Kantor Kementerian Agama Kota Palu resmi menetapkan besaran zakat Fitrah Tahun 2022.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Palu, Nasruddin L Midu mengungkapkan, untuk penetapan besaran zakat Fitrah tahun 2022 di Kota Palu adalah 2,5 Kg beras per orang.

"Penetapan besaran Zakat Fitrah di Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah untuk beras 2,5 Kg atau 3,5 Liter per jiwa," ungkap Kakankemenag Kota Palu, Kamis (14/4/2022) siang.

Sementara itu apabila dikonversikan, maka ,akat Fitrah diuangkan dengan nominal Rp 32.000 per jiwa.

"Sedangkan untuk Uang sebesar Rp 32.000 per jiwa," kata Nasruddin. 

Baca juga: Jerman Dibuat Kesal dengan Ukraina, Selalu Minta Bantuan Senjata Tapi Tolak Hal Ini

Mantan Kakankemenag Tojo Una-una itu pun menyebutkan, Pengumpulan zakat Fitrah sudah dimulai sejak 1 Ramadan 1443 Hijriah.

Ia berpesan, agar zakat fitrah, zakat Maal dan sedekah dapat disalurkan ke Baznaz/LAZ/ UPZ di lembaga pemerintah maupun swasta.

"Kepada masyarakat agar menyalurkan zakat, infak, dan sedekahnya kepada Baznaz/LAZ/UPZ pada lembaga pemerintah atau swasta maupun UPZ pada masjid yang berada di wilayah lingkungan masing-masing," ujarnya menjelaskan. 

Nasruddin pun mengingatkan, nantinya masing-masing Kepala KUA segera melaporkan hasil penerimaan dan pendistribusian zakat Fitrah khususnya ke Kakankemenag maupaun Kakanwil Kemenag Sulteng.

"Diharapkan Kepala KUA dapat melaporkan hasil penerimaan dan pendistribusian zakat Fitrah, zakat maal dan sedekah kepada Kakankemenag Palu dan diteruskan ke Kakanwil Kemenag Sulteng paling lambat 20 Mei 2022," tuturnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved