Banggai Hari Ini

BPKP Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Banggai

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Sulawesi Tengah menggelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Banggai

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Moh Salam
Handover
Pemberian cendera mata dari BPKP kepada Bupati Banggai Amirudin Tamoreka di sela-sela Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Kamis (12/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Kabupaten Banggai, Kamis (12/5/2022).


Workshop yang berlangsung di ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai ini dihadiri Anggota DPD RI Muhammad J. Wartabone, Direktur PAKP dan TKD BPKP Pusat Wasis Prabowo, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, Kepala Perwakilan BPKP Sulteng Evenri Sihombing, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Sulteng Irfa Ampri, Kasubdit FPKD Direktorat FPKAPD Kemendagri Ihram, serta pimpinan OPD Pemkab Banggai.


Dalam sambutannya, Bupati Amirudin berterima kasih karena Kabupaten Banggai dipercaya menyelenggarakan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2022.


"Diharapkan agar dapat terjalin koordinasi yang baik bagi seluruh stakeholder terhadap pelaksanaan penyaluran dan pembangunan dana desa," kata dia.


Pengelolaan keuangan dana desa, lanjut dia, harus dikelola dengan tata pemerintahan yang baik, transparan, partisipatif, akuntabel, serta tertib dan disiplin anggaran agar terhindar dari resiko terjadinya penyimpangan, penyelewengan, dan korupsi.


Pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Banggai sejak tahun 2018 sampai sekarang telah mengimplementasikan aplikasi Sistem Pengelolaan Keuangan Desa atau Siskeudes.

Baca juga: Jelang Pilpres 2024, Partai Golkar-PPP dan PAN Bersatu Perangi Politik Identitas


Berdasarkan hasil monitoring centre for prevention (MCP) KPK RI, capaian Kabupaten Banggai untuk intervensi tata kelola dana desa sangat baik.


Dari tahun 2020 dan 2021, capaian intervensi tata kelola dana desa di Kabupaten Banggai tertinggi di Sulawesi Tengah.


"Untuk tahun 2020 capaiannya 89,55 persen, dan tahun 2021 capaiannya 96,8 persen," papar Bupati Amirudin.


Keberadaan kepala desa sebagai penggerak masyarakat dan pembangunan desa sangatlah strategis dan penting untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta peningkatan derajat hidup masyarakat desa.


Karena itu, workshop ini menjadi landasan penting dan startegis bagi kepala desa untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa menjadi lebih baik.

Baca juga: Hetty Andika Perkasa Dijadwalkan Kunjungi Rumah Merah Putih Difabel Berkarya Palu


"Dana desa bisa menjadi anugerah bagi Kepala Desa bbila dikelola sesuai ketentuan perundang-undangan. Tetapi bisa juga menjadi musibah bila dana desa dikelola tidak sesuai ketentuan," pungkasnya.


Bupati Amirudin pun mengimbau peserta workshop dapat mengikuti rangkaian kegiatan dengan serius, sehingga memiliki pemahaman menyeluruh terkait pengelolaan dan pembangunan desa. (*)
 
 
 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved