Balut Hari Ini

Anak-anak di Banggai Laut Dibekali Skil Pengolahan Sampah melalui Metode Ecobrick

Komunitas Muda-Mudi Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi pengolahan sampah plastik melalui ecobrick kepada anak-anak.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Sosialisasi Pengolahan Sampah melalui Metode Ecobrick kepada siswa SD Negeri 2 Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Komunitas Muda-Mudi Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi Pengolahan Sampah plastik melalui Metode Ecobrick kepada anak-anak.

Sosialisasi Pengolahan Sampah plastik dengan Metode Ecobrick ini digelar di SD Negeri Banggai, dan diikuti sebanyak 48 siswa.

Ketua Umum Muda-Mudi Banggai Laut, Alma Hidayah menyatakan, sosialisasi Pengelolahan Sampah Pengolahan dengan Metode Ecobrick dilaksanakan karena masalah sampah belum terselesaikan hingga saat ini.

Apalagi plastik adalah polimer rantai panjang, yang ketika fungsinya berubah menjadi sampah akan sulit diuraikan, dan membutuhkan kurun waktu yg sangat lama untuk dapat terurai sempurna.

Harapannya, kata Alma, dengan adanya sosialisasi ini dapat menumbuhkan kesadaran dari anak-anak akan lingkungan sekitar.

Baca juga: Hadiri Paripurna, Sekkot Irmayanti Sebut Realisasi Pendapatan Pemkot Palu 2021 Capai Rp 1,39 Triliun

Sebab, lingkungan yang tidak terjaga berpotensi negatif akibat dari pemupukan sampah atau pembuangan sampah sembarangan.

"Dari sosialisasi ini harapannya adik-adik SD juga mampu bertindak sesuai dengan kemampuannya untuk turut serta dalam mengurangi sampah plastik melalui metode ecobrick," tutur Alma, Senin (27/6/2022).

Kata Alma, salah satu metedo mamutus rantai masalah sampah adalah melalui edukasi dini tentang bahaya sampah plastik.

“Generasi hari ini adalah generasi masa depan, sampah hari ini adalah sampah masa depan,” tuturnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini dipandu langsung oleh anggota Komunitas Muda-mudi Banggai Laut saat proses pembuatan ecobrick. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved