Habib Rizieq Bebas Bersyarat Hari Ini, Apa Kasus yang Membuat Mantan Petinggi FPI Ini Masuk Penjara?

Habib Rizieq Shihab bebas bersyarat hari ini Rabu 20 Juli 2022 setelah ditahan sejak 12 Desember 2020 lalu, ini dua kasus yang menjerat mantan petingg

Editor: Imam Saputro

TRIBUNPALU.COM - Habib Rizieq Shihab bebas bersyarat hari ini Rabu 20 Juli 2022 setelah ditahan sejak 12 Desember 2020 lalu, ini dua kasus yang menjerat mantan petinggi FPI ini.

Tercatat ada 2 kasus yang membelit mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab hingga akhirnya bebas bersyarat hari ini, Rabu (20/7/2022). 

Rizieq keluar dari Rutan Bareskrim pada Rabu (20/7/2022) pagi.

"Tadi jam 6.45 WIB, yang bersangkutan ( Habib Rizieq Shihab) mendapatkan Pembebasan Bersyarat," kata Kordinator Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, sebagaimana diberitakan Tribunnews.com

Rizieq Shihab terbelit kasus hukum setelah tiba di Indonesia dari Arab Saudi pada 10 November 2020. 

Ia tersandung dua kasus hukum yakni kasus kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat dan kasus penyebaran kabar bohong tes swab Covid-19 di RS Ummi Bogor, Jawa Barat.

Habib Rizieq Shihab disambut keluarganya saat keluar dari Rutan Cipinang, Jakarta, pada Rabu (20/7/2022). Habib Rizieq memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat setelah menjalani penahanan di Rutan Bareskrim Mabes Polri sejak 12 Desember 2020 terkait kasus kekarantinaan kesehatan dan menyiarkan berita bohong. TRIBUNNEWS/HO
Habib Rizieq Shihab disambut keluarganya saat keluar dari Rutan Cipinang, Jakarta, pada Rabu (20/7/2022). Habib Rizieq memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat setelah menjalani penahanan di Rutan Bareskrim Mabes Polri sejak 12 Desember 2020 terkait kasus kekarantinaan kesehatan dan menyiarkan berita bohong. TRIBUNNEWS/HO (HO/)

Berikut perjalanan dua kasus Rizies Shihab tersebut: 

1. Kasus kerumunan massa di Petamburan

Kasus ini bermula dari acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat pada 14 November 2020 lalu.

Dalam kasus kerumunan massa dan pelanggaran protokol kesehatan ini, Rizieq Shihab divonis 8 bulan penjara pada 27 Mei 2021 oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur. 

Hakim meyakini Rizieq telah melanggar Pasal 93 Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan Jo Pasal 55 Ayat 1 ke (1) KUHP.

Tamu undangan pernikahan putri Rizieq Shihab, Syarifah Najwa Shihab, mulai berdatangan ke Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) malam. Para tamu mengenakan masker tetapi duduk saling berhimpitan. Nama Anies Baswedan disebut-sebut
Tamu undangan pernikahan putri Rizieq Shihab, Syarifah Najwa Shihab, mulai berdatangan ke Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) malam. Para tamu mengenakan masker tetapi duduk saling berhimpitan. (KOMPAS.com/Ihsanuddin)

Selain Rizieq Shihab, lima mantan pimpinan FPI lainnya juga mendapatkan vonis serupa. 

Diberitakan Tribunnews.com, lima orang itu yakni Harris Ubaidillah; Ahmad Sabri Lubis; Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al Habsyi dan Maman Suryadi.

Vonis tersebut lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa yang menuntut Rizieq Shihab selama dua tahun penjara.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved