Update Pencairan BSU 2022: Stafsus Menaker Sebut Data Sudah Siap, Tinggal Tunggu Arahan Jokowi

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menyebut program BSU atau BLT Subsidi gaji masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi

Editor: Imam Saputro
TribunTimur.com
Ilustrasi BSU 2022-Update Pencairan BSU 2022: Stafsus Menaker Sebut Data Sudah Siap, Tinggal Tunggu Arahan Jokowi 

TRIBUNPALU.COM - Update informasi soal Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2022 atau BLT Subsidi gaji sebesar Rp 1 juta, kapan cair? 

Dikutip dari Kompas.com, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menyebut program BSU atau BLT Subsidi gaji masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kementerian Ketenagakerjaan dengan BPJS Ketenagakerjaan sudah siap semuanya sampai data kalau memang program ini berjalan. Tapi kami juga menunggu arahan dari Pak Presiden dan Menteri Keuangan," katanya, Selasa (26/7/2022).

Diketahui, Pemerintah menyatakan bahwa perekonomian Indonesia khususnya di sektor ketenagakerjaan mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah 2 tahun menghadapi pandemi Covid-19.

Meski sektor ketenagakerjaan mulai pulih, Dita mengaku tidak dapat memastikan kapan program subsidi upah yang sempat dilontarkan ini disalurkan.

Dita menyebut masih ada sejumlah pekerja yang masih terdampak akibat pandemi.

"Kami masih belum tahu kapan disalurkannya. Tetapi kami berharap BSU ini tetap bisa berlanjut karena masih banyak pekerja yang belum pulih seutuhnya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, ada enam hal yang membuktikan kondisi sektor ketenegakaerjaan mulai pulih.

Pertama, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2022 mencapai 5,01 persen.

Sumber pertumbuhan tertinggi terdapat pada sektor industri yaitu sebesar 1,06 persen.

Kedua, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) meningkat dari 68,08 persen pada tahun 2021, menjadi 69,06 persen pada tahun ini.

Ketiga, tingkat pengangguran terbuka menurun dari 6,26 persen pada Februari 2021, menjadi 5,83 persen pada Februari 2022.

Dalam konteks ini, jumlah pengangguran karena Covid-19 menurun dari 1,62 juta orang menjadi 0,96 juta orang pada periode yang sama.

Selain itu, jumlah penduduk yang berstatus sementara tidak bekerja karena Covid-19 menurun dari 1,11 juta orang pada tahun 2021, menjadi 0,58 juta orang pada 2022.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved