KPP Pratama Palu

KPP Pratama Palu Kenalkan Pajak pada Pelajar di Sigi

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu melakukan Pajak Bertutur 2022 dengan melibatkan Siswa-siswi di Kabupaten Sigi.

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
TribunPalu.com/Moh Salam
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu melakukan Pajak Bertutur 2022 dengan melibatkan Siswa-siswi di Kabupaten Sigi. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu melakukan Pajak Bertutur 2022 dengan melibatkan Siswa-siswi di Kabupaten Sigi.

Pajak Bertutur 2022 itu bertempat di SMP Negeri 1 Sigi, Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. 

Peserta dari Pajak Bertutur itu antara lain dari SMP Negeri 1 Sigi dan MTs Alkhairaat Biromaru. 

Pajak Bertutur 2022 oleh KPP Pratama Palu bersama Peserta Didik dari SMP Negeri 1 Sigi dandan MTs Alkhairaat Biromaru. 

Tema Pajak Bertutur tahun 2022 yakni Generasi Sadar Pajak Muda Berkreasi Membangun Negeri.

Baca juga: 3 Pencuri Hp Ditangkap di Banggai, 1 di Antaranya Masih Remaja

Kepala KPP Pratama Palu Bangun Nur Cahya Kurniawan menuturkan, Pajak Bertutur sudah dua kali digelar di Sulawesi Tengah yakni Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

"Hari ini pelaksanaan Pajak Bertutur 2022 dan pelaksanaan ini secara serentak seluruh Indonesia. Khusus di KPP Pratama Palu, kita setiap tahun melakukan Pajak Bertutur. Tahun kemarin di Kota Palu dan tahun ini di Kabupaten Sigi karena Sigi merupakan bagian wilayah kerja KPP Pratama Palu," ujar Bangun Nur Cahya Kurniawan, Kamis (18/8/2022).

Ia mengatakan, Program Pajak Bertutur merupakan bagian dari Inklusi kesadaran pajak.

Pajak Bertutur sendiri kerjasama antara Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dengan Kementerian Pendidikan. 

"Kami dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan bersama dengan Kementerian Pendidikan melakukan program ini dengan maksud dan tujuan untuk bisa memberikan dan menumbuhkan kesadaran, edukasi terhadap peserta didik mulai dari SD, SMP, SMA dan Mahasiswa di perguruan tinggi," kata Kepala KPP Pratama Palu

Bangun berharap, Program Pajak Bertutur yang dilakukan di Kabupaten Sigi dapat mengenalkan pajak dan fungsinya sedari dini.

"Harapannya dengan Pajak Bertutur bisa lebih dikenalkan secara dini kepada siswa dan mahasiswa sehingga nantinya pada saatnya menjadi para pembayar pajak yang mempunya kewajiban itu bisa tersadar," tutur Bangu menambahkan. 

Kepala KPP Pratama Palu itu menjelaskan, Pajak ini merupakan penompang utama dari anggaran atau APBN kita sekitar 70 persen oleh karena itu pembangunan sangat ditopang oleh penerimaan pajak.

"Oleh karena itu sebagai sebagai wujud bela negara dalam rangka mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, untuk mengisi pembangunan tentu perlu pajak maka itu perlu disampaikan kepada peserta didik mulai dini," sebut Bangun. 

Sejumlah rangkaian Pajak Bertutur kali ini antara lain Materi Pajak oleh Masyhar, Asisten Penyuluh Pajak di KPP Pratama Palu.

Selain itu ada pula Fun Games dan Lomba pantun. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved