Banggai Hari Ini

Warga dan Aparat Bersihkan Material Longsor Tutup Badan Jalan di Masama Banggai

Pemerintah meminta warga agar tidak melakukan pembalakan liar di hutan karena menjadi tanaman penyanggah.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: mahyuddin
handover
Warga bersama aparat TNI-Polri membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan umum di Desa Kembang merta dan Desa Tompotika Makmur, Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu (14/9/2022).  Longsor yang menutupi akses jalan penghubung kedua desa tersebut terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan di wilayah Kecamatan Masama dan sekitarnya pada Selasa 13 September 2022. 

Laporan Jurnalis TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Warga bersama aparat TNI-Polri membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan umum di Desa Kembang Merta dan Desa Tompotika Makmur, Kecamatan Masama, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu (14/9/2022). 

Bencana longsor yang menutupi badan jalan penghubung kedua desa tersebut terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan di wilayah Kecamatan Masama dan sekitarnya, Selasa, 13 September 2022.

Kapolsek Lamala Iptu Muhammad Zulfikar menyebutkan, berdasarkan laporan warga bahwa peristiwa tanah longsor kerap terjadi bila hujan lebat.

“Faktor lainnya karena pada umumnya jenis tanah labil atau gembur di kedua desa tersebut sehingga rentan longsor,” ungkap Zulfikar.

Dalam kegiatan itu juga, kata Zulfikar, pihaknya mengimbau warga agar tidak melakukan pembalakan liar di hutan karena menjadi tanaman penyanggah.

“Warga juga diimbau untuk selalu waspada apabila melintas di tempat rawan terjadinya longsor, khususnya saat musim hujan,” imbaunya.

Saat ini, jalan sudah bisa dilalui kendaraan. Namun tetap hati-hati karena kondisi jalan masih licin.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved