AHY Sentil Presiden Tinggal Gunting Pita, Pengamat: Bukan Salah Jokowi, SBY yang Tak Mampu

AHY klaim 90 persen kerja infrastruktur Presiden Jokowi adalah peninggalan SBY. Pengamat nilai AHY tidak bijak ketika berupaya mendiskreditkan Jokowi.

Editor: Putri Safitri
Kolase Istimewa via Instagram @permadiaktivis2
Kolase: Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. 

TRIBUNPALU.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY banjir kritik usai menyentil Presiden Jokowi.

AHY mengklaim 90 persen kerja infrastruktur Presiden Jokowi adalah peninggalan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang tak lain ayahandanya.

AHY juga mengklaim program Bantuan Sosial atau Bansos atau BLT (Bantuan Langsung Tunai) era Presiden Jokowi itu tinggal meneruskan program serupa di era ayahandanya, SBY.

Benarkah klaim AHY? Berikut perbandingan dalam angka, pembangunan infrastruktur era SBY dibanding era Jokowi dan pendapat pengamat mengenai klaim AHY.

Pengamat politik Lucius Karus merespons pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menurutnya, pembangunan di era Jokowi justru memperlihatkan sebaliknya.

"Itu (klaim AHY) akhirnya terlihat sebagai pepesan kosong karena data pendukung justru memperlihatkan hal yang berbeda," kata Lucius, Minggu (18/9/2022).

"Benar bahwa ada sejumlah proyek era SBY yang diselesaikan Jokowi, itu tentu bukan salah Jokowi ketika akhirnya menjadi penggunting pitanya. Fakta akhirnya Jokowi yang menyelesaikan proyek yang dimulai SBY tetap saja menjadi poin buruk bagi SBY karena dianggap tak mampu membuat perencanaan proyek agar selesai di tangannya juga," ujar Lucius.

Lucius menilai, AHY tidak bijak ketika berupaya mendiskreditkan Jokowi memakai data zaman SBY, karena, lanjutnya, klaim itu harus didukung data.

"Tak ada untungnya juga selain bagi pendukungnya sendiri ketika AHY membangun posisi sebagai oposisi Pemerintahan sekarang dengan menjadikan pemerintahan era SBY sebagai tameng pembanding."

Menurut Lucius, harusnya AHY tampil dengan tawaran program orisinil dari dirinya untuk ditawarkan kepada publik jelang Pemilu 2024.

Lalu seperti apa sebenarnya pencapaian pembangunan infrastruktur yang dicapai pemerintahan Jokowi hingga saat ini?

Berdasarkan data yang dihimpun, SBY telah membangun jalan tol sepanjang 189,2 km sejak 2004 hingga 2019.

Sedangkan Jokowi membangun jalan tol sepanjang 1.762,3 km sejak menjabat pada tahun 2014.

Kemudian, tercatat ada 18 bendungan mulai konstruksi di era SBY yang seluruhnya diselesaikan di era Jokowi.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved