Parimo Hari Ini

Sambut Hari Pangan Sedunia, Pemkab Parigi Moutong Latih Warga Desa Siney Buat Gula Cair dari Sagu

kegiatan itu adalah bagian untuk mempersiapkan masyarakat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi Hari Pangan Sedunia dan Hari Ikan Nasional.

Penulis: Citizen Reporter | Editor: mahyuddin
handover
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menggelar pelatihan pembuatan gula cair sagu. Kegiatan diprakarsai Dinas Koperasi dan UKM Parigi Moutong itu sebagai rangkaian persiapan menjadi tuan rumah Hari Pangan Sedunia dan Hari Ikan Nasional 2022. Kegiatan itu berlangsung di Desa Sinay, Kecamatan Tinombo Selatan. 

TRIBUNPALU.COM, PARIMO - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menggelar pelatihan pembuatan gula cair sagu.

Kegiatan diprakarsai Dinas Koperasi dan UKM Parigi Moutong itu sebagai rangkaian persiapan menjadi tuan rumah Hari Pangan Sedunia dan Hari Ikan Nasional 2022.

Kegiatan itu berlangsung di Desa Sinay, Kecamatan Tinombo Selatan.

Pantai Mosing, Desa Siney, dicanangkan pemerintah menjadi lokasi perhelatan Hari Pangan Sedunia dan Hari Ikan Nasional, 26 Oktober 2022.

Pelatihan pembuatan gula cair sagu menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB).

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu saat membuka kegiatan mengatakan, sebelumnya Institut Pertanian Bogor telah mengirimkan dosen untuk memberikan pelatihan pembuatan adonan berbahan Sagu.

"Tolang agar ilmu yang telah didapatkan sebelumnya tentang pengelolaan sagu untuk terus dikembangkan. Hari ini juga Prof Bintoro akan mengajarkan satu ilmu lagi yaitu tentang pembuatan gula cair sagu. Olehnya saya mengimbau peserta pelatihan untuk menimbah ilmu ini dan tolang dipraktekan untuk kita terapkan dan berguna bagi masyarakat," ujar, Rabu (21/9/22).

Baca juga: Samsurizal Tombolotutu Tinjau Kesiapan Lokasi HPS dan HARKANNAS di Pantai Mosing Parimo

Ketua PKK Parigi Moutong 2022
Ketua PKK Parigi Moutong Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu membuka pelatihan pembuatan gula cair sagu di Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan, beberapa waktu lalu.

Pria kelahiran 3 Maret 1958 itu menyebutkan, kegiatan itu adalah bagian untuk mempersiapkan masyarakat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi Hari Pangan Sedunia dan Hari Ikan Nasional.

Dia menjelaskan, perhelatan Hari Pangan Sedunia dan Hari Ikan Nasional tidak bersamaan.

Berdasarkan arahan Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Hari Pangan Nasional berlangsung 26 Oktober 2022.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved