Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Tertibkan Aset Negara, BWSS III dan Cikasda Sulteng Sidak Lokasi Aset Kementerian PUPR di Palu

Kepala BWSS III bersama Plt Kepala Dinas Cikasda Sulteng sidak aset kementerian PUPR RI di salah satu rumah dinas golongan satu, Jl S Parman.

Editor: Putri Safitri
handover
Kepala BWSS III bersama Plt Kepala Dinas Cikasda Sulteng sidak aset kementerian PUPR RI di salah satu rumah dinas golongan satu, Jl S Parman, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNPALU.COM - Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Taufik dan Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan SDA (Cikasda) Sulteng Andi Ruly Djanggola Sidak aset kementerian PUPR RI di salah satu rumah dinas golongan satu, Jl S Parman, Senin (19/9/2022).

Hal ini dilakukan dalam rangka penertiban aset negara sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 87/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penggunaan Barang Milik Negara yang tercatat dalam dokumen inventaris Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR RI.

Kepala BWSS III bersama petugas asetnya melakukan koordinasi dan penertiban aset Barang Milik Negara (BMN) yang merupakan tanggungjawab pengguna barang untuk memelihara dan memanfaatkannya.

“Kami berdasarkan temuan BPK RI Nomor 13.c/LHP/XVIII/05/2012, tanggal 12 Mei 2012 perlu menindaklajuti melalui Sidak aset di wilayah Kota Palu, beberapa aset kami khususnya rumah negara golongan satu tersebar di wilayah Kota Palu. Namun tidak dimanfaatkan secara maksimal karena masih dikuasai oleh pihak lain., sehingga kami perlu menertibkannya," ungkap Kepala BWSS III Taufik.

"Mohon maaf saya sebagai kepala balai masih kontrak rumah, padahal dalam daftar BMN banyak aset rumah negara golongan satu yang wajib digunakan dan dimanfaatkan. Olehnya kami koordinasi dengan Dinas Cikasda untuk dimanfaatkan sesuai ketentuan yang berlaku,” lanjut Taufik.

Dalam Sidak aset tersebut, tim aset BMN Balai Wilayah Sungai Sulawesi III tambak sibuk mengambil dokumentasi lapangan.

Plt Kadis Cikasda Sulteng juga terlihat berdiskusi bersama Kasubag Keuangan dan Aset Nurhasah yang menemaninya, guna memastikan rumah dinas tersebut juga tercatat sebagai aset daerah.

“Aset rumah negara di Jalan S Parman ini, sudah sejak pelaksanaan otonomi daerah dimasukan dalam daftar aset Provinsi Sulteng yang dahulunya tercatat sebagai Dinas PU. Alhamdulillah semua tercatat rapi sebagai aset rumah negara, walaupun terjadi dobel pencatatan tapi itu sebagai wujud pengamanan bersama atas aset negara oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sulteng dan juga tercatat di BWSS III Sulteng” ujar Ruly Plt Kadis Cikasda Sulteng.

Hasil Sidak aset tersebut telah disepakati bahwa salah satu rumah negara golongan satu dimanfaatkan sebagai rumah jabatan kepala BWSS III yang pembiayaan rehab rumah dinas tersebut dibebankan pada Kementerian PUPR RI melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Sulteng.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved