DPRD Sigi

Paripurna Pembahasan APBD 2023, Fraksi Gerindra Pertanyakan Pembangunan Gedung DPRD Sigi

Paripurna kali ini terkait Pandangan Umum fraksi atas Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD Tahun Anggaran 2023.

Penulis: Moh Salam | Editor: mahyuddin
handover
Paripurna kali ini terkait Pandangan Umum fraksi atas Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD 2023. Rapat tersebut berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Sigi, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (29/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Sedikitnya 6 fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sigi menyetujui dan menerima Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD 2023 untuk dibahas di tingkat selanjutnya. 

Keenam fraksi itu memberikan pandangan umumnya, masing-masing dengan juru bicara antara lain Partai Golkar Sumardi, Gerindra Ilham, dan Nasdem Abd Rahman.

Selain itu Jubir Partai Demokrat yaitu Ikra Ibrahim, PDIP Eben dan PKB Azhar H Nontji. 

Fraksi Partai Gerindra oleh Ilham dalam pandangan umum fraksinya mempertanyakan terkait Pembangunan Gedung DPRD Sigi di tahun 2023.

"Apakah pemerintah daerah sudah merencanakan dan menganggarkan kembali Pembangunan Gedung DPRD Sigi yang telah direncanakan sejak lama?," ujar Ilham, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Bupati Sampaikan Nota Keuangan APBD 2023 ke Anggota DPRD Sigi

Sementara itu Fraksi Partai Demokrat melalui Jubir Ikra Ibrahim mengatakan, adanya potensi Inflasi bahkan resesi di tahun 2023 mendatang akibat kenaikan harga BBM.

Legislator Termuda di DPRD Sigi itu juga mempertanyakan skema yang dibangun pemerintah Kabupaten Sigi terkait dengan kompensasi BLT BBM dari pemerintah pusat untuk bisa dikolaborasikan dengan program Pemkab Sigi saat ini. 

"Kami Fraksi Partai Demokrat mempertanyakan langkah-langkah maupun upaya pemerintah daerah dalam menangani persoalan tersebut dikemudian hari," tutur Ikra Ibrahim. 

Selain itu Fraksi Partai Nasdem melalui jubirnya Abd Rahman menuturkan pihaknya menerima dengan catatan, pimpinan menunda terlebih dahulu atau menscorsing sampai ada kepastian penerbitan Pedoman Penyusunan APBD 2023 oleh Menteri Dalam Negeri dan ada kepastian penetapan Pagu Transfer ke daerah dan Dana Desa oleh pemerintah pusat

"Mengingat pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2023 yang sampai saat ini belum diterbitkan oleh Pemerintah Pusat yakni berupa Peraturan Menteri Dalam Negeri," kata Abd Rahman. 

Baca juga: Anggota DPRD Sigi Pertanyakan Cara Pemkab Awasi Peredaran Minuman Beralkohol

Paripurna kali ini terkait Pandangan Umum fraksi atas Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD 2023.

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Sigi, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (29/9/2022).

Paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Rahmat Saleh didampingi Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae.

Sementara Pemerintah Kabupaten Sigi diwakili oleh Asisten I Andi Ilham.

Sebanyak 22 anggota DPRD Sigi hadir dalam Paripurna tersebut.(*)

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved