Sigi Hari Ini

Pemkab Sigi Canangkan Program Kampung Durian di Sungku Kulawi

Pemerintah Kabupaten Sigi mencanangkan Kampung durian dan gerakan menanam durian Musang king di Desa Sungku, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawes

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir
salam
Pemerintah Kabupaten Sigi mencanangkan Kampung durian dan gerakan menanam durian Musang king di Desa Sungku, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.  

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Pemerintah Kabupaten Sigi mencanangkan Kampung durian dan gerakan menanam durian Musang king di Desa Sungku, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. 

Pencanangan Kampung Durian itu dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sigi, Rahmat Iqbal.

Kadis TPHP Sigi Rahmat Iqbal menuturkan, Pencanangan Kampung durian merupakan tindak lanjut dari kegiatan-kegiatan yang sebelumnya sudah dilaksanakan terkait dengan pengembangan kawasan buah di Kabupaten Sigi

"Jadi Kawasan Buah yang dikembangkan di Kulawi Raya meliputi Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Lindu," ujar Kadis TPHP Sigi, Jumat (30/9/2022).

Menurutnya, Kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari masyarakat di Desa Sungku khususnya Kecamatan Kulawi pada umumnya untuk agar wilayah Kecamatan Kulawi ini dapat dicanangkan sebagai kampung durian.

"Tahun 2022 ini pengembangan durian kita salurkan sebanyak 20 ribu pohon dimana lebih kurang sekitar 7.572 pohon di Kecamatan Kulawi, Kulawi Selatan sekitar 6 ribuan, Pipikoro sekitar 5 ribuan dan Kecamatan Lindu kita masuk untuk satu kelompok sebanyak 180 pohon," kata Rahmat Iqbal. 

Ia menjelaskan, pencanangan kampung durian di Desa Sungku Kecamatan Kulawi salah satu tujuannya untuk pengembangan durian lebih fokus dan terarah. 

"Kedepan terkait dengan pengembangan kawasan buah khususnya durian kita mampu menyiapkan dari segi aspek produksi dan produktifitas durian terutama memasok untuk kebutuhan-kebutuhan buah khususnya durian diwilayah Kota Palu Sulawesi Tengah bahkan Wilayah IKN," tuturnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved