Pencairan BSU Bagi Pekerja yang Tak Punya Rekening Bank Himbara Dilakukan Pekan Depan, Ini Alurnya

Selain itu, Menaker memastikan bahwa penyaluran BSU, baik melalui Bank Himbara, BSI, maupun PT Pos Indonesia tidak dipungut biaya sepeser pun.

Penulis: Imam Saputro | Editor: Imam Saputro

TRIBUNPALU.COM - Kabar gembira soal pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 bagi pekerja yang tak punya rekening bank Himbara, pencairan akan dilakukan lewat kantor pos minggu depan, ini skemanya.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan, penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp 600.000 melalui PT Pos Indonesia akan dimulai minggu depan.

"Kami akan salurkan melalui PT Pos Indonesia, mulai minggu depan akan mulai kita salurkan melalui Pos Indonesia," ujar Menaker saat menyerahkan BSU di PT Pos Indonesia KCP Bandung, Kamis (13/10/2022).

Menaker melanjutkan, pada penyaluran BSU tahun ini, pihaknya menggandeng PT Pos Indonesia dengan maksud untuk mempercepat proses penyaluran.

Sehingga, mereka yang sudah ditetapkan sebagai calon penerima BSU dan belum memiliki rekening Bank Himbara, tidak perlu repot-repot membuka rekening Bank Himbara, karena akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Selain itu, Menaker memastikan bahwa penyaluran BSU, baik melalui Bank Himbara, BSI, maupun PT Pos Indonesia tidak dipungut biaya sepeser pun.

"Ini akan ditanggung pemerintah, tidak mengurangi jumlah Rp600 ribu yang akan diterima," tegasnya.

Sebelumnya, BSU sudah dicairkan kepada 8,4 juta pekerja dari 14,6 juta calon penerima.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyerahkan BSU di PT Pos Indonesia KCP Bandung.

"Dari 14,6 juta (calon penerima BSU) sudah tersalurkan 8,4 juta yang diberikan oleh pemerintah kepada pekerja/buruh di seluruh Tanah Air," kata Presiden Jokowi, Kamis (13/10/2022).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menambahkan, BSU tahun 2022 telah tersalurkan melalui 5 tahap.

Di mana hingga tahap ke-5 sudah tersalurkan kepada 8.432.533 orang atau setara 65,66 persen.

Menaker menjelaskan, hingga tahap ke-5, BSU disalurkan melalui Bank Himbara bagi mereka yang telah memiliki rekening Bank Himbara.

Sementara sebagian lain yang belum menerima BSU salah satunya disebabkan belum memiliki rekening Bank Himbara.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved