Sulteng Hari Ini

Paska Pandemi Covid-19, Ekonomi Sulteng Tumbuh Tinggi

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Gusri Wantoro mengatakan, pada Triwulan III 2022, pertumbuhan ekonomi Sulteng adalah

Penulis: Alan Sahrir | Editor: Haqir Muhakir
net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Alan Sahril

TRIBUNPALU.COM, PALU - Setelah lebih dari dua tahun menghadapi pandemi Covid-19, ekonomi Sulawesi Tengah dapat tumbuh tinggi.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Gusri Wantoro mengatakan, pada Triwulan III 2022, pertumbuhan ekonomi Sulteng adalah yang tertinggi kedua secara nasional setelah provinsi Maluku Utara.

Ekonomi Sulteng tumbuh 19,13 persen (yoy), berada jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh pada level 5,72 % (yoy) dan secara nasional hanya berada di bawah Maluku Utara yang tercatat tumbuh 24,85 % (yoy).

Dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut, Sulteng menjadi provinsi dengan perekonomian terbesar kedua di Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) dengan share sebesar 17,56 % , hanya berada di bawah Sulawesi Selatan.

Baca juga: Hadiri Muskercab Organda Kota Palu, Irmayanti Pettalolo Beri Pesan Menohok

"Sejak tahun 2017, share Sulteng terhadap ekonomi Sulampua terus mengalami peningkatan, mengindikasikan bahwa kapasitas ekonomi Sulteng tumbuh lebih tinggi dibanding provinsi lainnya," ungkap Gusri Wantoro, Rabu (30/11/2022) siang.

Tingginya pertumbuhan ekonomi Sulteng pada triwulan III melanjutkan tren pertumbuhan ekonomi 2 digit yang telah berlangsung sejak Q2-2021 dan selalu berada di atas pertumbuhan nasional.

"Selama tiga triwulan terakhir, pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah tercatat masing-masing sebesar 11,07 % , 11,15 % , dan 19,13 % (yoy).  Hal ini mengindikasikan bahwa roda perekonomian dan aktivitas ekonomi terus tumbuh di tengah berbagai dinamika internal dan eksternal," beber Gusri Wantoro.

Dari sisi penawaran, kata Gusri Wantoro tumbuh tingginya perekonomian Sulteng terutama didorong oleh peningkatan kinerja sektor utama, yaitu industri pengolahan.

Sektor ini telah berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan ekspor luar negeri Sulteng dengan mayoritas tujuan ekspor ke Tiongkok.

Tingginya tingkat ekspor menjadi pendorong utama pencapaian pertumbuhan ekonomi yang selalu tumbuh double digit sejak Q2 2021. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved