Palu Hari Ini

Program Kaledo Disdukcapil Palu Mudahkan Pelajar, Lansia dan Penyandang Disabilitas Rekam e-KTP

Tahun 2023 Disdukcapil memfokuskan pada program layanan keliling yaitu Keliling Layanan Sekolah Gratis (Kaledo).

Penulis: Lisna | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Program Kaledo Disdukcapil Mudahkan Pelajar, Lansia dan Penyandang Disabilitas Rekam e-KTP 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Lisna

TRIBUNPALU.COM, PALU - Tahun 2023 Disdukcapil memfokuskan pada program layanan keliling yaitu Keliling Layanan Sekolah Gratis (Kaledo).

Pada dasarnya layanan Kaledo gratis ini bertujuan untuk mempermudah siswa siswi usia 17 tahun yang ingin melakukan perekaman E-KTP.

Biasanya bagian pengelola Administrasi Kependudukan mendatangi dua sekolah setiap pekannya.

Namun seiring perkembangannya saat ini program tersebut tidak hanya difokuskan ke sekolah namun juga penyediaan layanan perekaman keliling bagi lansia dan penyandang disabilitas.

Baca juga: Layanan Disdukcapil Kota Palu Hari Ini Diberhentikan Sementara, Ternyata Ini Alasannya

Kepala Dinas Disdukcapil Kota Palu, I Ketut Simon menyebutkan pelayanan keliling program Kaledo ini dibuat sejak 2019 namun seiring waktu terus dilakukan inovasi.

“Tidak hanya untuk anak usia 17 tahun, tapi kita peruntukkan juga untuk lansia dan penyandang disabilitas. Kita datangi langsung ke rumahnya,” Kata Kadis saat diwawancara di ruangan kerja Kantor Disdukcapil Kota Palu, Jl. Balai Kota Selatan, No.1, Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut, Fungsional Administrator Database Kependudukan Ahli Muda Mohammad Kurniawan mengatakan layanan keliling ini tidak hanya di sekolah, layanan dibuka berdasarkan permintaan.

“Tergantung permintaan, ada yang sakit, ada acara hari besar kita turun. Bukan cuman E- KTP, KK, Akta juga bisa kita daftarkan disitu,” ujarnya. (*)

Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved