Darurat Sampah, Sebuah Foto Tunjukkan Seekor Burung Beri Makan Anaknya dengan Puntung Rokok

Sebuah foto yang memperlihatkan bagaimana induk burung ‘memberikan’ puntung rokok kepada anaknya karena mengira itu adalah makanan.

Darurat Sampah, Sebuah Foto Tunjukkan Seekor Burung Beri Makan Anaknya dengan Puntung Rokok
Facebook/Karen Catbird
Sebuah foto menunjukkan bagaimana sampah menjadi masalah darurat sampah. Seekor burung memberi makan anaknya dengan puntung rokok. 

TRIBUNPALU.COM - Polusi sampah yang ditimbulkan manusia berdampak buruk pada kehidupan satwa liar dan lingkungan.

Ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya foto satwa liar yang kehidupannya telah terintervensi oleh sampah.

Foto satwa liar dengan polusi sampah membuat miris, beberapa di antaranya bahkan menimbulkan perasaan marah karena hidup mereka dirugikan akibat ulah manusia.

Belum lama ini, ada sebuah foto yang memperlihatkan bagaimana induk burung ‘memberikan’ puntung rokok kepada anaknya karena mengira itu adalah makanan mereka.

Ditangkap oleh kamera milik Karen Mason, seorang relawan, foto tersebut menunjukkan seekor burung skimmer hitam dengan puntung rokok di paruhnya, perlahan mengantarkan sampah tersebut ke anaknya sebagai ‘camilan’.

Kepada CBS News, Mason mengatakan dia sangat marah ketika menyadari apa yang dibawa burung tersebut. Ia pun lalu mengunggah fotonya ke beberapa situs peduli konservasi dan Facebook untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah.

Penelitian Terbaru Ungkap Polusi Plastik Ancam Kadar Oksigen di Dunia

Lagi, Seekor Paus Tewas karena jadi Korban Sampah Plastik

Menurut Mason, pantai St Pete, di Tampa, Florida–tempat di mana foto itu diambil–memang terkenal penuh sampah.

“Orang-orang sepertinya tidak menyadari betapa berbahayanya sampah-sampah tersebut bagi hewan yang ada di sana,” katanya.

“Jika Anda merokok, tolong jangan buang puntungnya begitu saja. Bayi burung ini ditawari puntung rokok oleh orangtuanya. Sudah saatnya kita membersihkan pantai dan berhenti memperlakukan mereka seperti asbak raksasa #nobuttsforbabies,” tulis Mason pada unggahan fotonya.

Sama seperti sedotan, kantung, dan gelas plastik, puntung rokok juga menjadi salah satu sumber pencemaran plastik. Mereka biasanya terbuat dari serat plastik bernama selulosa asetat yang membutuhkan waktu 18 bulan hingga 10 tahun untuk terurai.

Penelitian Terbaru Ungkap Polusi Plastik Ancam Kadar Oksigen di Dunia

Darurat Masalah Sampah, Berikut 8 Fakta Suram tentang Polusi Plastik di Dunia

Menurut laporan Ocean Conservacy yang dipublikasikan tahun lalu, puntung rokok juga menjadi sampah utama yang ditemukan di pantai-pantai dunia.

“Banyak burung laut penasaran dengan barang-barang yang kita buang. Alam sedang berjuang untuk beradaptasi dengan hal-hal yang manusia lakukan pada Bumi. Setiap tahunnya, kita melihat lebih banyak hewan yang terjerat, terluka, atau terbunuh produk buatan manusia,” papar juru bicara Royal Society for the Protection of Birds (RSPB) dalam sebuah wawancara dengan BBC.

Burung lapar bukan satu-satunya hewan yang berisiko menelan sampah plastik. Pada perut mamalia laut, krustasea, kura-kura, dan ikan, juga pernah ditemukan sampah plastik.

Artikel ini telah tayang di NationalGeographic.grid.id dengan judul Polusi Sampah, Foto Ini Tunjukkan Induk Burung Beri Makan Anaknya Puntung Rokok

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved