Saut Situmorang Mundur dari Pimpinan KPK, Berikut Isi Surat Pengunduran Diri hingga Tanggapan Jokowi

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengundurkan diri sebagai pimpinan KPK periode 2015-2019.

Saut Situmorang Mundur dari Pimpinan KPK, Berikut Isi Surat Pengunduran Diri hingga Tanggapan Jokowi
Tribunnews.com/ Ilham Rian Pratama
Saut Situmorang 

TRIBUNPALU.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengundurkan diri sebagai pimpinan KPK periode 2015-2019.

Saut memberikan pernyataan pengunduran diri beberapa jam setelah DPR mengumumkan lima orang yang akan menjadi pimpinan KPK 2019-2023 pada Jumat (13/9/2019).

Pernyataan pengunduran diri tersebut, Saut sampaikan melalu surat elektronik ke jajaran pegawai KPK.

Hal ini dibenarkan oleh penasihat KPK Tsani Annafari.

"Ada email itu. Tapi tanya beliau saja," kata Tsani Annafari saat dikonfirmasi, Jumat (13/9/2019), dikutip dari Kompas.com.

Berikut deretan fakta terkait pengunduran diri Saut Situmorang dari pimpinan KPK, dirangkum TribunPalu.com dari berbagai sumber:

Jokowi Tanggapi Mundurnya Saut Situmorang usai Firli Bahuri Dipilih Jadi Ketua KPK

4 Poin Draf Revisi UU KPK yang Ditolak Presiden Jokowi

1. Isi Surat Saut Situmorang

"Saudara saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019.

Terlebih dahulu, saya mohon maaf sekaligus mengucapkan banyak terima kasih kepada semua Pimpinan KPK Jilid IV (Bunda BP, Bro Alex M, Bro LM Syarif, dan pak bro Ketua Agus R) Struktural, Staf, Security, semua OB yang membersihkan ruangan saya setiap hari dan yg membantu menyiapkan makanan.

Saya mohon maaf karena dalam banyak hal memang kita harus bisa membedakan antara Cemen dengan penegakan 9 nilai KPK yang kita miliki (Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggung jawab, Kerja Keras, Sederhana Berani dan Adil) yang kita tanamkan dan ajarkan selama ini, sebagai bagian dari nilai di KPK yaitu RI-KPK (Religius,Integritas,Kepemimpinan, Profesional dan Keadilan). Mari kita pegang itu sampai kapanpun.

Halaman
123
Penulis: Lita Andari Susanti
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved