Breaking News:

Virus Corona

Kemenkes: Tak Ada Jaminan Pasien yang Sembuh Tidak Bisa Kembali Tertular Virus Corona

Kementerian Kesehatan juga tidak menjamin pasien yang sembuh dari virus corona akan kebal terhadap penularan.

Tribunnews.com/Reynas Abdila
Petugas kesehatan dari Rumah Sakit Pertamina Jaya memeriksa suhu tubuh karyawan yang hendak masuk Kantor Pusat Pertamina di Jalan Merdeka Timur Jakarta. 

TRIBUNPALU.COM -- Kementerian Kesehatan memberikan laporan bahwa di seluruh dunia, sebanyak 54 ribu kasus positif virus corona (covid-19) mengalami kesembuhan karena daya tahan tubuh.

Namun, Kementerian Kesehatan juga tidak menjamin pasien yang sembuh dari virus corona akan kebal terhadap penularan.

"Namun, tidak ada satu jaminan bahwa dia tidak akan tertular lagi, bisa saja kemudian ketularan lagi, dan menjadi sakit lagi. Tidak ada laporan bahwa yang sudah sembuh kemudian kambuh, yang ada yang sudah sembuh sakit lagi karena ketularan lagi," ujar Juru Bicara Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020).

Kisah Unik Pasangan Asal Amerika, Kedua Anaknya Lahir di Tanggal 29 Februari

All England 2020: Momen bagi Indonesia untuk Akhiri 26 Tahun Puasa Gelar Juara Tunggal Putra

Tanggapi Cacat Omnibus Law, Rocky Gerung: RUU Cipta Kerja Memang Mencelakakan Buruh

Untuk itulah, dirinya meminta masyarakat tetap berhati-hati akan virus yang belum memiliki obat definitif ini. Pasalnya, gejala yang ditimbulkan karena virus ini adalah gejala yang familiar ditemui.

"Gejalanya seringkali kita sudah pahami dari awal, karena ini adalah kelompok common cold, keluhan badannya hangat, batuk, bersin, itu keluhan yang sering dialami," ujarnya.

Yuri menyebut jika memang seluruh pasien positif covid-19 mengalami kemajuan dan sembuh saat perawatan, maka nanti akan dididik selama 14 hari sebelum bisa bersosialisasi di tengah masyarakat.

"Selama 14 hari di rumah menggunakan masker, mengurangi kontak dekat dengan keluarganya, dan kemudian diharapkan sementara tidak usah ke mana-mana dulu. Kemudian akan dipantau oleh Dinkes setempat, puskesmas setempat kondisi kesehatannya setiap hari, sampai dengan hari ke-14," pungkasnya.

(Tribunnews.com/Reza Deni)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kemenkes Sebut Pasien Sembuh Virus Corona Bisa Kembali Tertular

Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved