Breaking News:

Bacaan Niat Zakat Bahasa Arab dan Indonesia, Dilengkapi Ketentuan Berapa Jumlah Beras untuk Zakat

Zakat fitrah wajib bagi setiap muslim yang berkecukupan rizki baik, laki-laki maupun perempuan, dewasa mapun anak-anak termasuk bayi yang lahir sebelu

Tribun Jakarta
Ilustrasi Zakat Fitrah 

TRIBUNPALU.COM - Simak ketentuan jumlah beras atau uang yang dibayarkan untuk zakat fitrah disertai dengan bacaan niat membayar zakat fitrah.

Berdasarkan tuntunan zakat fitrah yang dikeluarkan Majelis Tarjid dan Tajdid Muhammadiyah di laman tarjih.or.od, zakat fitrah berfungsi untuk mensucikan jiwa orang yang berpuasa dan untuk dinikmati orang yang berhak menerima zakat.

Zakat fitrah wajib bagi setiap muslim yang berkecukupan rizki baik, laki-laki maupun perempuan, dewasa mapun anak-anak termasuk bayi yang lahir sebelum matahari tenggelam di hari terakhir Ramadhan.

Bagi anak-anak, zakat fitrahnya ditanggung oleh orang tuanya.

Adapun untuk waktu pembyarannya, zakat fitrah dibayarkan paling lambat sebelum berangkat melaksanakah shalat Idul Fitri.

Zakat fitrah yang dibayarkan berupa makanan pokok dengan kadar 1 sha' atau kurang lebih 2,5 kg.

Jika dibayarkan dengan uang, maka pembayarannya seharga dengan kadar makanan pokok tersebut.

Penjelasan Majelis Tarjid dan Tajdid Muhammadiyah tersebut sejalan dengan keterangan Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas), Mohamad Arifin Purwakananta.

Dikutip dari Kompas.com, Arifin Purwakananta mengatakan besaran pembayaran zakat fitrah di tahun 2020 menggunakan standar beras 2,5 kilogram atau setara 3,5 liter beras.

"Standar yang dipakai dalam zakat fitrah 2,5 kilogram beras dengan harga beras setempat. Artinya untuk Jakarta dan sekitarnya, kalau bayar zakat fitrah dengan uang tunai yakni sebesar range Rp 40.000 - 50.000 per orang," jelas Arifin, Minggu (17/5/2020).

Halaman
1234
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved