Breaking News:

Imbas Pelonggaran Lockdown, Rupiah Menguat pada Level Rp 14.755 per Dollar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (27/5/2020) kembali menguat.

Continental Currency Exchange
Ilustrasi uang. 

TRIBUNPALU.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (27/5/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.01 WIB rupiah berada pada level Rp 14.740 per dollar AS atau menguat 15 poin (0,1 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.755 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah hari ini terdorong oleh sentimen pembukaan lockdown yang dilakukan oleh banyak negara. Dengan pelonggaran lockdown, maka stabilitas ekonomi negara bisa berangsur pulih.

Rumah Tangga Ayahnya Diungkit, El Beri Pembelaan: Laki-laki Sejati Istri Cuma 1 Parameter Darimana?

MNCTV Bocorkan Kondisi Terkini si Tokoh Karakter Fizi setelah Ucapannya Membuat Upin & Ipin Menangis

Meluruskan Perdebatan Soal Wacana New Normal, Mahfud MD: Virus Corona Seperti Istri

“Di tengah ketegangan hubungan AS dan China, pasar masih akan mendapatkan sentimen positif dari bertambahnya negara yang melonggarkan atau berencana melonggarkan kebijakan lockdownnya. Selain itu, kemajuan penemuan vaksin oleh beberapa negara termasuk di Indonesia sendiri,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Seperti diketahui, saat ini pasar masih khawatir dengan potensi memanasnya kembali hubungan AS dan China. Namun hal ini tidak digubris pasar lantaran pasar masih fokus pada perbaikan ekonomi dan penemuan vaksin Covid-19.

Sebelumnya, China berencana menerbitkan Undang-undang keamanan nasional yang menekan Hong Kong. Hal ini berpotensi menyulut kemarahan AS lantaran AS menginginkan Hong Kong memiliki otonomi yang luas sehingga tetap bisa menjadi pusat keuangan Asia.

Kabar Mamah Dedeh Meninggal Dunia Hoaks, Yusuf Mansur Ungkap Fakta Sebenarnya

Update WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri, Rabu 27 Mei: Ada Penambahan Kasus di Malaysia, Total 157

“Ketegangan hubungan AS dan China akan menjadi kekhawatiran pasar karena memberikan dampak buruk ke perekonomian global,” kata Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak menguat ke area support Rp 14.650 per dollar AS dengan potensi resisten pada level Rp 14.850 per dollar AS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pelonggaran Lockdown dan Uji Coba Vaksin Dorong Rupiah Menguat Pagi Ini", 
Penulis : Kiki Safitri
Editor : Yoga Sukmana

Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved