Breaking News:

Soroti Pemberian Bintang Mahaputera pada Gatot Nurmantyo, Deklarator KAMI: Itu Cara Menjinakkan

Koalisi KAMI menyebutkan bahwa Presiden Jokowi sedang berusaha menjinakkan Gatot Nurmantyo dengan memberikan tanda jasa Bintang Mahaputera.

KOMPAS.com/Andi Hartik
Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat menghadiri Muktamar XVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (3/8/2018) 

TRIBUNPALU.COM - Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berusaha menjinakan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dengan memberikan tanda jasa Bintang Mahaputera. 

"Itu kan cara menjinakan orang-orang yang berbeda sikap dengan pemerintah," ucap Marwan Batubara yang merupakan satu di antara deklarator KAMI, saat dihubungi, Jakarta, Jumat (6/11/2020).

Menurutnya, rencana pemberian Bintang Mahaputera merupakan ujian bagi Gatot atas sikapnya selama ini, yang kerap mengkritik pemerintah ketika sudah salah jalan. 

Baca juga: Bakal Terima Bintang Mahaputera, Berikut Profil Singkat Gatot Nurmantyo

 

Marwan menyebut, pernyataan sikap KAMI yang juga dihadiri Gatot di Tugu Proklamasi, merupakan gambaran kondisi Indonesia pada saat ini dan bukan sesuatu yang mengada-ada. 

"Itu fakta, tidak terbantahkan bahwa kondisi Indonesia banyak masalah, sekaligus banyak pelanggaran. Pelanggaran Undang-Undang, konstitusi," ucap Marwan. 

Baca juga: Presidium KAMI, Gatot Nurmantyo Soal UU Cipta Kerja: Rakyat Hanya Memerlukan Informasi yang Jelas

Diketahui, Presiden Jokowi akan menganugerahkan Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Selain Gatot, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat bakal mendapatkan penghargaan serupa.

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan mantan Ketua MK, Arief Hidayat
Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan mantan Ketua MK, Arief Hidayat (kolase tribunnews)

Informasi tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melalui akun Twitter resminya, @mohmahfudmd, Selasa (3/11/2020).

"Tanggal 10 dan 11 November 2020 Presiden akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional (PN) dan bintang mahaputera (BM). Yang dapat gelar PN, antara lain, SM Amin dan Soekanto, yang dapat BM, antara lain, Gatot Nurmantyo dan Arief Hidayat," tulis Mahfud.
 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Deklarator KAMI Sebut Jokowi Berusaha Jinakan Gatot Nurmantyo dengan Bintang Mahaputera, 

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved