Breaking News:

Trump Tunda Akses Informasi Intelijen yang Penting untuk Biden

Makin banyak sekutu Trump menyerukan agar Presiden AS terpilih Joe Biden memiliki akses ke informasi pengarahan intelijen.

Instagram/joebiden
Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden. 

TRIBUNPALU.COM - Meski Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak transisi pemerintahan dan akses intelijen, makin banyak sekutunya menyerukan agar Presiden AS terpilih Joe Biden memiliki akses ke informasi pengarahan intelijen.

Dilaporkan Associated Press (AP) pada Jumat (13/11/2020), Senator Texas, John Cornyn, anggota komite intelijen Senat mengatakan pada Kamis (12/11/2020), "Saya hanya tidak mau pembenaran apapun untuk menunda pengarahan."

Sekutu Trump lain, senator terlama dari Partai Republik dari Iowa, Chuck Grassley juga mengatakan tidak ada masalah dengan pengarahan intelijen untuk Biden, "Saya tidak melihat ada masalah dengan itu," ujarnya.

Ketua Komite Kehakiman Senat, Lindsey Graham, salah satu orang kepercayaan dan terdekat Trump juga mengiyakan ketika ditanya apakah Biden harus diberi pengarahan.

Baca juga: Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo Tak Mau Mengakui Kemenangan Joe Biden

Baca juga: Janji-janji Joe Biden terhadap Muslim Amerika dan Dunia, Pastikan Suara Muslim Didengar Pemerintah

Senat Partai Republik sepakat Biden perlu menerima informasi keamanan nasional rahasia bahkan ketika mereka menolak mengakui kemenangan Demokrat dalam pemilihan presiden, berdasarkan klaim Trump yang menuduh adanya kecurangan.

“Pada titik ini setidaknya, saya pikir dia harus mendapatkan pengarahan intelijen," ujar Senator Missouri, Josh Hawley.

“Pengarahan yang dia dapatkan sebagai kandidat harus dilanjutkan. Saya pikir dia harus terus mendapatkan apa yang dia dapatkan lalu mari kita lanjutkan dengan resolusi pada beberapa perselisihan ini.”

Senator James Lankford mengatakan, "Kedua belah pihak perlu memiliki akses ke informasi [intelijen] karena kami tidak tahu siapa presiden yang akan datang, jadi biarkan bagian dari proses ini terus berlanjut demi keamanan nasional."

Lankford mengatakan dia akan menekan birokrasi administrasi pemerintahan Trump untuk melanjutkan proses transisi sehingga Biden dapat memahami isu-isu rahasia.

Baca juga: Belum Akui Kemenangan Joe Biden, Donald Trump Disebut Akan Maju Lagi pada Pilpres AS 2024

Dia mengatakan pada Rabu bahwa dia akan ikut andil jika transisi tidak berjalan lancar.

Halaman
123
Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved