Breaking News:

Pemerintah Buka Peluang Kerjasama Pihak Swasta untuk Kejar Produksi Vaksin Merah Putih

Vaksin Merah Putih adalah vaksin COVID-19 yang menggunakan isolat virus yang bertransmisi di Indonesia. Pengembangan vaksin dikerjakan ahli Indonesia

covid19.go.id
Vaksin Merah Putih 

TRIBUNPALU.COM - Percepatan pengembangan Vaksin Merah Putih sudah pada tahapan penelitian berskala laboratorium dan tahapan faktor ekspresi.

Kementerian Riset Teknologi / Badan Riset Inovasi Naisonal (Kemenristek BRIN) saat ini terus memonitor tahapan pengembangannya.

Vaksin Merah Putih merupakan kolaborasi lembaga riset, lembaga pemerintah non kementerian dan perguruan tinggi.

Lembaga tersebut LBM Eijkman, LIPI, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga dan Universitas Gajah Mada.

Dilansir dari laman resmi covid19.go.id, pengembangan Vaksin Merah Putih menggunakan platform protein rekombinen, viral factor termasuk inactivated virus dan genetika berupa DNA atau MRNA.

Pengembangan Vaksin Merah Putih juga melibatkan unsur lain yang kompleks.

Pemerintah memastikan prosedur dan cara kerja.

Hal itu sesuai dengan standar yang tertuang dalam Peraturan Kepala Badan POM RI Tahun 20212 tentang Penerapan Pedoman Cara Pembuatan Obat Yang Baik.

Pemerintah sudah mempersiapkan pengadaan vaksin hingga tahapan industrialnya demi terjaminnya produksi vaksin dalam jumlah besar.

Selain itu, pemerintah membuka peluang kerjasama dengan pihak industri swasta nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved