Breaking News:

Gejolak Partai Demokrat

Walau KLB Moeldoko Disebut Abal-abal, Pengamat: 99 Persen akan Disahkan Kemenkumham

Setelah digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat tandingan, kini publik dibuat penasaran bagaimana masa depan partai berlambang mercy.

Penulis: Haqir Muhakir | Editor: Muh Ruliansyah
Tangkap Layar Kompas TV
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deliserdang, Sumatera Utara, Jenderal (Purn) TNI Moeldoko menyampaikan pidato politik pertamanya, Jumat (5/3/2021) malam. 

TRIBUNPALU.COM - Setelah digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat tandingan, kini publik dibuat penasaran bagaimana masa depan partai berlambang mercy tersebut.

Pasalnya, saat ini ada dua pemimpin di Partai Demokrat, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Moeldoko yang merupakan ketua umum versi KLB.

Selain itu, muncul pertanyaan lainya apakah KLB Moeldoko akan mendapat SK Kemenkumham atau tidak.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan memberikan legitimasi Moeldoko sebagai pemimpin baru Demokrat.

Baca juga: Diusung Jadi Ketum Demokrat Lewat KLB, Gatot: Moral Etika Saya Tidak Menerima Cara Seperti Itu

Baca juga: Kronologi Pesawat Batik Air Mendarat Darurat di Jambi, Ini Penjelasan Batik Air

Baca juga: Kumpulan Kasus Bayi, Mulai Lahir Tanpa Tempurung Kepala hingga Bongkar Praktik Aborsi

Sebab, Moeldoko merupakan sosok yang berada dalam lingkaran kekuasaan, mengingat jabatannya saat ini adalah Kepala Staf Kepresidenan (KSP).

"Saya punya keyakinan 99 persen akan disahkan oleh Kemenkumham. Walaupun KLB-nya inkonstitusional, abal-abal dan odong-odong. Karena mereka satu atap dan satu rumah yaitu sama-sama orang istana. Mereka friend," kata Ujang saat dihubungi Tribunnews.com, Minggu (7/3/2021).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini berujar, Moeldoko tak akan berani mengkudeta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari jabatan ketua umum jika tak ada garansi pengesahan dari pemerintah melalui Kemenkumham.

Baca juga: Bandar Narkoba Palu Ternyata Kabur Dari Penjara Sebelum Sidang Pertama, Ini Faktanya

Baca juga: Mutasi Virus Corona, B.1.1.7 Telah Masuk Indonesia, Ini Cara Tepat Lindungi Diri

Baca juga: Live Streaming Timnas Indonesia Vs Bali United, Minggu Malam, Akses Gratis di Sini

Lantas, Ujang mencontohkan kasus serupa, di mana Kemenkumham memberikan pengesahan usai parpol memilih ketua umum baru melalui jalur semacam KLB.

"Nanti kasusnya akan mirip dengan di Partai Berkarya. KLB odong-odong Muchdi PR disahkan oleh Kemenkumham. Jadi jangan heran, jika KLB odong-odongnya Moeldoko pun akan disahkan. Karena sudah ada contoh nyatanya," pungkas Ujang.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pengamat Ini Yakin Kepengurusan Demokrat Hasil KLB Deliserdang akan Disahkan Kemenkumham

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved