Breaking News:

Ramadhan 2021

BPOM Gencar Periksa Jajanan Buka Puasa di Pasar Ramadan Luwuk Banggai, Ini Hasilnya

Dalam dua kali pemeriksaan sejak pekan lalu, belum ditemukan takjil yang mengandung bahan berbahaya.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: mahyuddin
TRIBUNPALU.COM/NAWI
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) gencar memeriksa jajanan buka puasa di Pasar Ramadan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) gencar memeriksa jajanan buka puasa di Pasar Ramadan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Dalam dua kali pemeriksaan sejak pekan lalu, belum ditemukan takjil yang mengandung bahan berbahaya seperti boraks, pewarna makanan, pengawet makanan, dan lainnya.

"Sejauh ini, kami belum menemukan Takjil yang nengandung bahan berbahaya," ungkap Koordinator Devisi Pemeriksaan BPOM ULPK Banggai Yudho N Hariono, kepada TribunPalu.com, Senin (19/4/2021).

Dia menyatakan, pemeriksaan dilakukan di dua titik pasar Ramadan, yaitu di pasar Ramadan Jole dan Teluk Lalong atau belakang Masjid Agung Annur Luwuk.

Baca juga: 2 Hari Pencarian, Nelayan Hilang Asal Parimo Ditemukan di Perairan Gorontalo

Baca juga: VIRAL Ibu dan Anak Beda Usia 15 Tahun: Kalau Suka Cowok Usia Lebih Tua, Malah Naksir Emak

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) gencar memeriksa jajanan buka puasa di Pasar Ramadan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) gencar memeriksa jajanan buka puasa di Pasar Ramadan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. (TRIBUNPALU.COM/NAWI)

Caranya dengan mengambil sampel lalu dilakukan pengujian cepat di laboratorium yang tersedia di mobil pelayanan BPOM.

Yudho menjelaskan, selama bukan suci Ramadan hingga lebaran Idulfitri 1442 hijriyah, BPOM rutin melaksanakan intensifikasi Ramadan berupa pengawasan dan pemeriksaan takjil setiap pekan.

"Selama Ramadan sampai Idulfitri sebanyak enam tahap, dimulai sejak 5 April sampai 21 Mei 2021. Minggu ini masuk tahap ketiga," kata Yudho.

Untuk pekan ini, BPOM Banggai rencananya akan melakukan pemeriksaan di pasar Ramadan Kecamatan Batui dan di wilayah Ampana Kabupaten Tojo Una-una.

Tidak hanya takjil, BPOM juga melakukan pemeriksaan sarana pangan seperti izin edar, kadaluarsa dan parsel.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved