Breaking News:

Banggai Hari Ini

Pengganti Kades Siuna Sudah Diusulkan, Camat Pagimana: Tunggu Putusan Bupati Banggai

Camat Pagimana Sumitro Balahanti menyatakan, pihaknya belum menerima informasi resmi dari pihak kepolisian terkait penetapan tersangka Kades Siuna.

TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi Kepala Desa 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Camat Pagimana Sumitro Balahanti menyatakan, pihaknya belum menerima informasi resmi dari pihak kepolisian terkait penetapan tersangka Kepala Desa (Kades) Siuna berinisial SE terkait kasus dugaan penggelapan dana pembangunan masjid dan dana kompensasi perusahaan nikel untuk warga.

“Belum ada informasi dari pihak kepolisian, hanya dari mulut ke mulut saja,” kata dia saat dikonfirmasi TribunPalu.com, Rabu (28/4/2021).

Meski begitu, dia mengungkapkan usulan pergantian Kades Siuna sudah diserahkan kepada Bupati Banggai Herwin Yatim sesaat setelah menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Daerah Banggai, beberapa waktu lalu.

“LHP Inspektorat kana da temuan pelanggaran, makanya sudah sudah usulkan karateker Kades Siuna ke bupati. Sekarang tinggal menunggu keputusan bupati karena kewenangan kecamatan hanya mengusulkan,” kata Sumitro.

Baca juga: Tsunami Covid-19 di India, Belasan TKA asal India di Banggai Perlu Diwaspadai

Baca juga: TB Hasanuddin Ungkap 4 Poin Sejarah Konflik Papua, Termasuk Referendum Tahun 60-an

Baca juga: Jokowi Lantik 4 Pejabat, Nadiem Makarim Dapat Jabatan Baru Tapi Dicopot Dari Kabinet Indonesia Maju

Sebelumnya, Satuan Reserse Kriminal Polres Banggai resmi menetapkan Kades Siuna SE sebagai tersangka dan langsung ditahan di sel tahanan Mapolres Banggai, Selasa (27/4/2021).

SE diduga melakukan tindak pidana penggelapan dana bantuan pembangunan masjid sebesar Rp200 juta, dan dan kompensasi yang diberikan oleh perusahaan nikel sebanyak Rp100 juta. (*)

Penulis: Asnawi Zikri
Editor: Haqir Muhakir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved