Breaking News:

Pegawai KPK yang Lulus TWK akan Dilantik Jadi ASN pada 1 Juni 2021, Bagaimana Nasib yang Tak Lulus?

Pegawai KPK yang dinyatakan lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) rencananya akan dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 1 Juni 2021.

KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

TRIBUNPALU.COM - Beredar kabar bahwa pada 1 Juni 2021 akan dilaksanakan pelantikan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kabar ini dibenarkan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Ia menyebutkan bahwa pelantikan akan dilaksanakan bertepatan dengan Harlah Pancasila."Betul. Rencananya dilantik pada Harlah Pancasila tanggal 1 Juni," kata Bima saat dikonfirmasi Tribunnews, Selasa (11/5/2021).

Diketahui, KPK telah menerima hasil asesmen TWK pegawai dari BKN pada 27 April 2021, lalu.

Penyerahan hasil tes tersebut dilakukan di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Baca juga: 16 Tahun Mengabdi di KPK, Giri Suprapdiono Mengaku Heran Tak Lolos TWK: Kami Tidak Diinginkan

Baca juga: 75 Pegawai KPK Tak Lolos jadi PNS , ICW: Kalau Tak Diramaikan, Mungkin Sudah Ada Pemecatan Diam-diam

Sebanyak 1.349 pegawai KPK mengikuti tes untuk alih status menjadi ASN sebagaimana diatur melalui Peraturan Komisi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai ASN.

Sebanyak 1.274 pegawai KPK dinyatakan memenuhi syarat usai lolos TWK sebagai syarat alih status menjadi ASN. Sementara, 75 pegawai lainnya dinilai tidak memenuhi syarat.

Terkait status 75 pegawai yang tidak memenuhi syarat itu, Bima mengatakan bahwa kewenangan selanjutnya ada di tangan pimpinan KPK.

"Status 75 TMS (tidak memenuhi syarat, red) saat ini adalah Pegawai KPK, sehingga menjadi kewenangan mutlak Pimpinan KPK dalam menetukan status mereka pascatest," jelasnya.

Baca juga: Novel Baswedan Tidak Lulus Tes Kebangsaan, Denny Siregar: Kemana Novel Jika Sudah Tak di KPK ?

Diketahui, asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dilakukan dalam rangka pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN oleh Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI).

Pelaksanaan Asesmen Pegawai KPK bekerja sama dengan BKN RI telah sesuai dengan Pasal 5 ayat (4) Perkom KPK No. 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai KPK menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

Hal ini juga merupakan aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 19/2019 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pegawai KPK yang Lulus Tes Wawasan Kebangsaan akan Dilantik Menjadi ASN 1 Juni 2021,

Editor: Lita Andari Susanti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved