Breaking News:

Banggai Hari Ini

DClub Estrella Luwuk Jual Miras Tanpa Izin, Disdag Banggai: Tidak Ada Rekomendasi dari Kami

Pihaknya belum memberikan rekomendasi terkiat penjualan minuman keras (miras) di D'club Hotel Estrella Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
handover
Polisi menyita ratusan botol miras tanpa izin di D'club Estrella Luwuk, Kabupaten Banggai, belum lama ini. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Banggai, Hasrin Karim menegaskan, pihaknya belum memberikan rekomendasi terkiat penjualan minuman keras (miras) di Dclub Hotel Estrella Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

"Disdag tidak mengeluarkan rekomendasi penjualan miras di D'club Esrrella," tegasnya kepada TribunPalu.com, Kamis (17/6/2021) sore.

Dia menjelaskan, miras dengan kadar alkohol di bawah 5 persen atau golongan A merupakan kewenangan Disdag.

Sedangkan miras dengan kadar alkohol di atas 5 persen atau masuk dalam golongan B dan C harus mengantongi izin dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Banggai, itupun harus ada rekomendasi dari Disdag tentang kelayakan.

"Nanti ada rekomendasi Disdag barulah DPMPTS me geluarkan izinnya, karena retrubusi untuk daerah," terang Hasrin.

Baca juga: Pemkab Banggai Bakal Tuntaskan Masalah Agraria melalui Program Resertifikasi // Jdl

Baca juga: Resmikan Posyandu Ramah Anak, Ketua PKK Palu: Pelayanan Harus Ada Tempat Bermain Anak

Hasrin menambahkan, miras jenis bir tidak boleh dijual di kios-kios, karena ada spesifikasinya yang dibolehkan seperti swalayan atau toko.

Kebijakan itu kata Hasrin, berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 06/M-DAG/PER/1/2015 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Permendag nomor 20/M-DAG/PER/4/2014 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap penhadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol.

Sebelumnya, Polres Banggai menyegel dan menyita ratusan botol miras bermerek dari tempat hiburan malam D’Club Estrella Luwuk, Kelurahan Tombang Permai Kecamatan Luwuk Selatan Kabupaten Banggai, Sabtu malam (12/6/2021) lalu. 

Penindakan yang dilakukan sekitar pukul 22.00 Wita oleh Satuan Reskrim Polres Banggai karena tempat hiburan malam ini diduga menjual miras tanpa izin. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved