Breaking News:

Parimo Hari Ini

Pemkab Parimo Ajak Masyarakatnya Sukseskan Reforma Agraria

Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong mengajak masyarakat untuk mensukseskan Reforma Agraria.

Penulis: Moh Salam | Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Sekretaris Daerah Kabupaten Parimo Zulfinasran, Kamis (1/7/2021) dalam menghadiri Rakor gugus tugas Reforma Agraria di Hotel Octaria Parigi. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PARIMO - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong mengajak masyarakat untuk mensukseskan Reforma Agraria.

Hal itu itu diutarakan Sekretaris Daerah Kabupaten Parimo Zulfinasran, Kamis (1/7/2021) dalam menghadiri Rakor gugus tugas Reforma Agraria di Hotel Octaria Parigi.

Ajakan tersebut guna mewujudkan keadilan dan kesejahteraan khususnya masyarakat Kabupaten Parimo.

"Saya mengajak masyarakat, Ayo suksekan Reforma Agraria demi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan," Ungkap Zulfinasran.

Ia mengatakan, Reforma Agraria merupakan upaya untuk menambah kembali sistem politik dan hukum pertanahan berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar UUD 1945.

Baca juga: Kontrak Lionel Messi di Barcelona Resmi Berakhir, Fabrizio Romano Bocorkan Masa Depan La Pulga

Baca juga: Lowongan Kerja Sulteng: PT Cahaya Pengajaran Abadi Buka Penerimaan di 7 Posisi, Minimal Lulusan SMA

Baca juga: Niat Salat Dhuha dan Doa setelah Salat, Simak Tata Cara Salat Dhuha Lengkap Ini

Hal itu juga termaktub dalam Undang undang (UU) Republik Indonesia nomor 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok pokok Agraria dan peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 86 tahun 2018.

"Saya mengapresiasi Badan Pertanahan Nasional Agraria dan Tata Ruang (BPN/ATR) Parigi Moutong yang telah berinisiatif sehingga terselenggaranya kegiatan rakor gugus tugas Reforma Agraria Parimo," sebutnya.

Selain itu Zulfinasran menyebutkan, Reforma Agraria juga merupakan upaya penyelesaian permasalahan seperti pembebasan lahan, penguasaan tanah dalam kawasan hutan serta guna memberikan kepastian hukum atas penguasaan tanah oleh masyarakat.

"makanya sangat dibutuhkan kesadaran diri untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan-permasalahan pertanahan tersebut di Kabupaten Parigi Moutong," ujar Sekkab Parimo itu saat menghadiri Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria.

Sementara itu Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Provinsi Sulawesi Tengah oleh Kepala Penataan dan Pemberdayaan Eko Suharno mengatakan, untuk mendorong pertanahan lebih baik lagi, maka perlu adanya koordinasi yang lebih intens antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah daerah dan Pertanahan.

Sehingga dapat melahirkan solusi yang tepat demi terjaminya pertanahan masyarakat yang berkualitas sesuai peraturan berlaku.

"Kami harap, urusan Pertanahan di kabupaten Parigi Moutong berjalan baik dan kami mendorong jika ada oknum tertentu mempermainkan persoalan tanah masyarakat, bisa dilaporkan ke pihak berwajib," pungkas Suharno. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved