Breaking News:

Virus Corona

Alasan Suplemen Vitamin C, D, dan Zinc Penting Dikonsumsi Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

Selama menjalani isolasi mandiri, pasien Covid-19 disarankan mengonsumsi suplemen multivitamin dan mengonsumsi makanan bergizi

Editor: Ananda Putri Octaviani
Boldsky
Ilustrasi vitamin D. Selama menjalani isolasi mandiri, pasien Covid-19 disarankan mengonsumsi suplemen multivitamin dan mengonsumsi makanan bergizi 

TRIBUNPALU.COM - Selama menjalani isolasi mandiri, pasien Covid-19 disarankan mengonsumsi suplemen multivitamin dan mengonsumsi makanan bergizi.

Dalam protokol tatalaksana Covid-19 yang disusun oleh lima organisasi profesi kedokteran, multivitamin yang dianjurkan adalah yang mengandung vitamin C, D, B, E, dan Zinc. 

"Yang bisa mempengaruhi seseorang terkena sakit atau tidak, parah atau tidak itu imun, imun adalah daya tahan tubuh, di mana daya tahan tubuh kita itu terdiri dari banyak sel-sel," kata dokter spesialis penyakit dalam, dr. M Syah Abdaly, Sp.PD, dalam tayangan bertajuk Bincang Kita yang tayang di Youtube KOMPASTV, pada Jumat (20/8/2021). 

Dijelaskan jika suplementasi multivitamin khususnya vitamin C, D, dan zinc penting dilakukan saat isolasi mandiri karena berkaitan dengan sistem imun.

Dia menjelaskan jika sistem imun tersebut bertugas menyerang segala sesuatu yang bisa menyebabkan penyakit di dalam tubuh. 

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kekuatan imun atau sistem daya tahan tubuh seseorang. 

Di antaranya adalah usia, nutrisi, dan pola hidup yang sehat. 

"Orang yang malnutrisi, kekurangan vitamin dan mineral itu berisiko mengalami penyakit yang lebih berat," jelasnya. 

Diterangkan dalam satu penelitian, jika seseorang yang terinfeksi Covid-19 mengalami kekurangan mineral zinc dan vitamin D.

Menurutnya itu bisa menjadi landasan mengapa suplementasi multivitamin terutama vitamin C, D, dan zinc penting untuk pasien Covid-19.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved