Breaking News:

Parimo Hari Ini

Disdikbud Parimo Sebut 3 Kecamatan Penyumbang Terbesar Angka Putus Sekolah

Disdikbud Kabupaten Parigi Moutong sudah kerap kali melakukan kunjungan ke daerah pedalaman seperti di Desa Patingke, Kecamatan Tinombo.

Penulis: Moh Salam | Editor: Muh Ruliansyah
Handover
Disdikbud Parimo Sebut 3 Kecamatan Penyumbang Terbesar Angka Putus Sekolah 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam

TRIBUNPALU.COM, PARIMO - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong sudah kerap kali melakukan kunjungan ke daerah pedalaman seperti di Desa Patingke, Kecamatan Tinombo.

Kepala Disdikbud Parimo Aminudin mengatakan, sejauh ini peran Pemerintah Parimo melalui Dinas Pendidikan terhadap suku Lauje beberapa kali telah melakukan kunjungan di pedalaman.

"Akhir tahun 2020 lebih kurang tiga hari lamanya kami melaksanakan pembukaan tempat pembelajaran, khususnya bagi sekolah TK/PAUD dan kesetaraan, karena di Desa-desa banyak siswa atau anak tidak tersentuh atau tidak mau untuk belajar," ungkap Aminudin, Selasa (7/9/2021).

Menurutnya, ada 3 Kecamatan penyumbang terbesar angka putus sekokah yaitu Kecamatan Tinombo, Kecamatan Palasa dan Kecamatan Sidoan.

"Dengan situasi seperti itu banyak yang putus sekolah, maka kami atas petunjuk Bupati untuk tinggal di wilayah pegunungan sampai tiga hari, waktu itu saya masih menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parimo,"jelas Kadis Pendidikan Parimo.

Aminudin menjelaskan, bahwa akhir Juni 2021 Kepala Bidang PAUD berkunjung ke salah satu Desa yaitu Desa Taipa Obal.

Saat dilokasi, ditemukan masalah pertama adalah kondisi ekonomi dan masalah kedua adalah masih hidup berpindah pindah tempat dan tidak menetap.

Sementara itu Pengurus Adat Suku Lauje, Rajab Lanaga menyampaikan bahwa ia disebut sebagai istilah Kapitalau atau pengurus adat.

Sehingga semua Desa yang ada suku lauje semuanya mempunyai pengurus adat atau Kapitalau Desa dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten untuk memberikan motivasi.

"Pengurus adat Desa bersama Pemerintah membantu memberikan motivasi kepada anak-anak suku Lauje, dan Alhamdulillah berkat Bupati Parigi Moutong anak suku lauje sudah ada yang berstatus sarjana ada di Desa Ogoalas, Patingke dan Desa lainya," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved