Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Jerman Gelontorkan Rp 115 Miliar untuk Pengembangan Kakao dan Kopi di Sulteng

Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit GmbH atau GIZ melirik komoditas kakao dan kopi di Sulawesi Tengah

Penulis: Nur Saleha | Editor: Haqir Muhakir
TRIBUNPALU.COM/NUR SALEHA
Rusdy Mastura saat melihat stand kopi dari UMKM di halaman kantor Gubernur Sulteng 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Nur Saleha

TRIBUNPALU.COM, PALU - Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit GmbH atau GIZ melirik komoditas kakao dan kopi di Sulawesi Tengah.

GIZ adalah perusahaan internasional milik pemerintah federal Jerman yang beroperasi di berbagai bidang.

Pemerintah Negara Jerman gelontorkan Rp 115 miliar untuk produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Tengah dan Kalimantan Barat.

Di Sulteng sendiri terfokus pada produksi kopi dan coklat.

Koordinator GIZ Provinsi Sulteng Ismet Khaeruddin mengatakan dana dari projek GIZ itu digunakan program tahun 2021 hingga bulan Maret tahun 2025.

"Kalau di Sulawesi Tengah itu di cagar biosfer lore lindu untuk pengembangan kakao dengan kopi, terus ada yang di Kalimantan Barat itu di Kabupaten Kapasulu itu untuk sawit dan karet alam itu totalnya 7 juta euro," ungkap Ismet saat ditemui di Kantor Gubernur Sulteng Jl Samratulangi, Kelurahan Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Jumat (22/10/2021).

Ismet juga menjelaskan, program dari GIZ itu sampai ke Sulawesi Tengah karena adanya praktik program berkelanjutan yang dikampanyekan.

Kampanye tersebut untuk di Biosfir Lore Lindu.

"Program ini juga merupakan program global yang berada di 7 negara tetapi mereka punya dana sendiri, dan dananya mereka itu dari BMZ yang merupakan kementerian kerjasama pembangunan dari Jerman," tutup Ismet. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved