Meski Sudah Tak Diwajibkan, Sejumlah Bandara Masih Meminta Hasil Tes PCR Calon Penumpang

Meski perjalanan udara tidak lagi perlu menggunakan tes PCR, namun ternyata berbagai bandara belum menggunakan tes antigen sebagai perjalanan domestik

TRIBUNPALU.COM/ASNAWI ZIKRI
Sejumlah penerbangan masih menggunakan tes PCR sebagai syarat perjalanan udara. 

TRIBUNPALU.COM – Baru-baru ini diketahui Pemerintah telah mengeluarkan aturan bahwa Tes PCR sudah tidak lagi menjadi syarat utama dalam melakukan perjalanan udara.

Para pernumpang yang hendak melakukan perjalanan udara diperbolehkan menggunakan tes antigen. 

Aturan ini telah dikeluarkan pada Senin, 1 Noember 2021 lalu.

Seperti yang telah diberitakan TribunPalu sebelumnya bahwa aturan ini telah diumumkan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

“Jawa dan Bali perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR tetapi cukup menggunakan tes antigen,” kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Baca juga: Harga Reagen yang Digunakan untuk PCR Ternyata Cuma Rp 13 Ribu, Mengapa Biaya Tes Capai Jutaan?

Peraturan ini dikeluarkan karena adanya banyak keluhan dan juga kritikan mengenai mahalnya biaya tes PCR dan juga keefektifan waktu menunggu tes untuk melakukan perjalanan udara.

Meski kini perjalanan udara tidak lagi perlu menggunakan tes PCR, namun ternyata berbagai bandara belum menggunakan tes antigen sebagai syarat perjalanan domestik.

Satu diantara bandara yang masih menggunakan tes PCR hingga kini yakni Bandara Soekarno Hatta.

Diketahui dari KompasTV, pihak bandara belum menerima Surat Edaran mengenai adanya perubahan syarat perjalanan.

Pihak bandara mengaku sejak selasa sore belum mendapatkan SE tersebut dari satgas Covid-19 maupun dari Kementerian Perhubungan.

Selain bandara Soekarno Hatta, pihak Bandara Husein Sastranegara, Bandung yang masih harus menunjukkan tes PCR sebagai syarat perjalanan udara.

Seperti di bandara Soekarno Hatta, pihak bandara Husein Sastranegara juga hingga kini masih menunggu Surat Edaran mengenai perubahan peraturan tersebut.

“Kami masih menunggu Surat Edaran, baik dari satgas Covid-19 maupun Surat Edaran dari Menteri Perhubungan,” kata Iwan Winaya, GM Bandara Husein Sastranegara.

Saat ini pihaknya masih menerapkan peraturan berdasarkan Surat Edaran yang mengharuskan tes PCR sebagai syarat utama perjalanan udara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Palu
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved