Breaking News:

Sulteng Hari Ini

Masyarakat Batu Tanda di Perbatasan Banggai-Tojo Unauna Hidup dengan Keterbatasan

Masyarakat Dusun Batu Tanda, Desa Obo Balinhara, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai usai menyampaikan keluhannya ke anggota DPRD Banggai.

Penulis: Asnawi Zikri | Editor: Haqir Muhakir
Handover
Masyarakat Dusun Batu Tanda, Desa Obo Balinhara, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai usai menyampaikan keluhannya ke anggota DPRD Banggai. 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Asnawi Zikri

TRIBUNPALU.COM, BANGGAI - Kehidupan masyarakat di Dusun Batu Tanda, Desa Obo Balingara, Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, penuh dengan keterbatasan.

Daerah ini dihuni 105 kepala keluarga dari suku Ta dan Saluan yang juga masuk dalam Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Dusun Batu Tanda rencanannya akan dimekarkan menjadi desa dari 65 desa yang telah diusulkan oleh Bupati Banggai Amirudin ke Kementerian Dalam Negeri RI.

Keluhan masyarakat Dusun Batu Tanda terkait keterbatasan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan  itu disampaikan langsung kepada anggota DPRD Banggai Irwanto Kulap saat melakukan kunjungan daerah pemilihan (dapil).

Baca juga: Beli Cincin di Pasar Loak Rp 187 Ribu, Wanita Ini Syok Saat Jual Kembali Harganya Rp 12 M

Selain itu, masyarakat juga menyampaikan harapannya agar Dusun Batu Tanda menjadi desa.

"Saya merespon apa yang menjadi cita-cita masyarakat. Pemekaran desa pasti endingnya ada di DPR, atas usulan pemerintah setelah mendapat keputusan dari Menteri yang tentu mempunyai beberapa syarat. Kemudian jika itu bisa dilahirkan endingnya di DPR untuk mengesahkan," kata Irwanto kepada TribunPalu.com, Selasa (11/1/2022).

Masyarakat juga menginginkan pembangunan infrakstruktur pertanian karena mayoritas berprofesi sebagai petani.

"Jadi mereka meminta membuka akses, untuk dapat menjangkau kebun mereka masing-masing, yang di mana di sana merupakan daerah KAT. Dari kebun ke pusat dusun itu jauhnya sekitar 3 kilometer," tuturnya.

Sektor pendidikan berupa rumah guru dan sarana prasarana alat permainan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga menjadi perhatian masyarakat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved