Manfaat Konsumsi Teh Jahe Lemon Sebelum Tidur: Atasi Gangguan Pencernaan hingga Meredakan Mual

Berikut ini sejumlah manfaat dari konsumsi teh madu jahe sebelum tidur yang dapat mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi mual hingga mernghidrasi.

sajiansedap.grid.id
Sejumlah manfaat konsumsi teh jahe lemon. 

TRIBUNPALU.COM – Setelah melakukan aktivitas harian yang cukup padat, Anda perlu melakukan relaksasi sebelum tidur.

Terutama jika Anda sering mengalami berbagai permasalahan seperti gangguan pencernaan, mual, hidung tersumbat dan lainnya.

Untuk mengetasi hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan ramuan dari jahe dan lemon.

Melansir dari Healthline, minum herbal seperti teh lemon jahe, bisa menjadi ritual sebelum tidur yang menenangkan Anda.

Meskipun mungkin tidak membuat Anda mengantuk, namun minuman tersebut membantu Anda bersantai dan memberikan manfaat lain.

Untuk mengetahuinya, berikut sejumlah manfaat lain dari teh jahe lemon :

1. Menenangkan gangguan pencernaan

Jika gangguan pencernaan kronis atau makan malam yang berat membuat Anda bangun lebih lambat dari yang Anda inginkan, secangkir teh lemon-jahe bisa menjadi tonik yang bagus sebelum Anda tidur.

Jahe (Zingiber officinale) adalah akar yang telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif dan tradisional karena kemampuannya untuk meringankan pengosongan lambung yang tertunda.

Terlebih lagi, lemon (Citrus limon) mengandung senyawa tanaman yang disebut limonene yang membantu pencernaan dengan membantu memindahkan makanan di sepanjang saluran pencernaan Anda - berpotensi mengurangi rasa tidak nyaman saat kenyang (3Trusted Source, 4Trusted Source).

Sementara jumlah limonene dalam secangkir teh lemon jahe yang diberikan akan bervariasi, Anda mungkin menemukan bahwa kombinasi lemon, jahe, dan air dalam teh lemon jahe menenangkan gangguan pencernaan.

2. Meredakan mual

Jahe telah lama disebut-sebut karena kemampuannya untuk meredakan mual, yang dialami banyak orang selama kehamilan atau kemoterapi, di antara banyak situasi lainnya. Menurut penelitian, mengonsumsi 1-1,5 gram jahe per hari mungkin cukup untuk mendapatkan efek anti-mual.

Satu artikel ulasan menemukan bahwa jahe mencegah dan mengurangi mual dan muntah terkait kemoterapi di setengah dari studi yang dinilai.

Halaman
123
Sumber: Tribun Palu
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved