Gempa Tolitoli

Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Tolitoli, BMKG: Aktivitas Subduksi Lempeng Laut Sulawesi

Gempa tektonik berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Rabu (3/8/2022) pukul 17.40 WITA.

Penulis: Jolinda Amoreka | Editor: Haqir Muhakir
Handover/BMKG
Gempa tektonik berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Rabu (3/8/2022) pukul 17.40 WITA. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terletak pada koordinat 0.31 LU dan 121.96 BT. 

TRIBUNPALU.COM, TOLITOLI - Gempa tektonik berkekuatan 4,8 magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Rabu (3/8/2022) pukul 17.40 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terletak pada koordinat 0.31 LU dan 121.96 BT.

Atau tepatnya berlokasi Teluk Tomini, 18 km arah selatan Marisa (Kab. Pohuwato) pada kedalaman 155 kilometer.

BMKG menrilis dalam website INDONESIA TSUNAMI EARLY WARNING SYSTEM, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Sulawesi.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Tolitoli dengan intensitas II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," jelas Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya. 

"Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut," tambahnya.

Hingga hari Rabu (3/8/20220 pukul 18.12 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat di wilayah Toli-Toli dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved