TIPS Kesehatan: Manfaatkan Kunyit hingga Berbagai Cara Berikut untuk Bantu Atasi Pradiabetes

Berikut sejumlah tips untuk membantu mengatasi pradiabetes dengan memanfaatkan kunyit hingga menerapkan pola hidup sehat.

Proxyma Studio
Ilustrasi- Berikut tips untuk membantu mengatasi pradiabetes. 

TRIBUNPALU.COM – Pernahkah Anda mengengar istilah prediabetes?

Ketika seseorang memiliki pradiabetes, kadar glukosa darahnya secara konsisten tinggi , namun belum cukup tinggi untuk berkembang menjadi diabetes tipe 2.

Mengutip dari laman Medical News Today, pradiabetes adalah ketika seseorang memiliki kadar gula darah tinggi secara konsisten yang belum mencapai tahap diabetes tipe 2.

Ketika seseorang memiliki pradiabetes, tubuh mereka tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari aliran darah ke sel untuk digunakan sebagai energi.

Terkadang, ketidakmampuan untuk menggunakan insulin dengan benar menyebabkan sel tidak mendapatkan cukup gula. Akibatnya, terlalu banyak gula tetap berada dalam aliran darah.

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, terutama kerusakan pada pembuluh darah, jantung, dan ginjal.

Ilustrasi Diabetes
Ilustrasi Diabetes (KOMPAS.COM)

Menurut CDC, lebih dari 84 juta orang dewasa di AS memiliki pradiabetes, tetapi banyak yang tidak tahu bahwa mereka memiliki kondisi tersebut, karena sama sekali tidak menunjukkan gejala.

Pada saat kebanyakan orang mengalami gejala, kondisi tersebut biasanya berkembang menjadi diabetes tipe 2.

American Diabetes Association (ADA) menyarankan bahwa orang harus mempertimbangkan tes skrining darah untuk diabetes ketika mereka berusia 45 tahun.

Namun, tes glukosa harus dimulai lebih awal untuk orang yang memiliki faktor risiko diabetes, seperti kelebihan berat badan atau memiliki riwayat keluarga diabetes.

Halaman
12
Sumber: Tribun Palu
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved