Imigrasi Palu

Kantor Imigrasi Palu Berikan Layanan Maksimal Mudahkan Visa on Arrival dan KITAS

Kantor Imigrasi TPI Kelas I Palu menanggapi Arahan Presiden Joko Widodo untuk mempermudah Visa on Arrival (VoA) dan KITAS dalam masuk ke Wilayah NKRI.

Penulis: Jolinda Amoreka | Editor: Salam Kerimov
TribunPalu.com/Jolinda
Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Palu, Sahedi, Saat ditemui dikantornya, Kamis (15/9/2022) 

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Jolinda Amoreka

TRIBUNPALU.COM, PALU – Kantor Imigrasi TPI Kelas I Palu menanggapi Arahan Presiden Joko Widodo untuk mempermudah Visa on Arrival (VoA) dan KITAS dalam masuk ke Wilayah NKRI.

Arahan Presiden Jokowi itu diberikan terhadap Keimigrasian dalam hal ini Ditjen Imigrasi untuk Investor dan wisatawan asing.

Kepala Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Palu Sahedi menjelaskan, Imigrasi telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan keimigrasian.

“Kami pihak imigrasi telah berusaha melalui inovasi-inovasi yang kami lakukan untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin terhadap semua orang baik WNI maupun WNA yang mengurus dokumen keimigrasian,” jelas Sahedi, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Komda Alkhairaat Sigi Gerak Cepat Bentuk Pengurus Cabang Jelang Rakorda

Menurutnya, Inovasi-inovasi tersebut berupa pelayanan m-paspor berbasis aplikasi untuk kepengurusan paspor bagi WNI.

Sedangkan bagi WNA, Pihak imigrasi telah melakukan inovasi yang mempermudah untuk masuk kedalam wilayah Indonesia.

“Sebetulnya pihak imigrasi telah melakukan beberapa inovasi seperti pelayanan m-paspor bagi WNI dan bagi WNA kami telah mengambil kebijakan untuk melakukan pengecekan dan proses KITAS bagi WNA sehingga tidak harus lagi datang ke kantor imigrasi untuk mengurusnya. WNA sudah dapat melakukannya pada Pelabuhan laut dan Bandara Internsional tanpa harus repot lagi ke kantor imigrasi terdekat,” jelas Edi sapaan akrabnya.

Sementara itu mengenai permasalahan KITAS, Sahedi menjelaskan sebenarnya kepengurusan dokumen-dokumen tersebut tidak hanya dari pihak Ditjen Keimigrasian saja.

Baca juga: Tongkrongan Buka Sampai di atas Pukul 22.00 Wita di Tolitoli, Cek Tempatnya

Ada beberapa instansi terkait dalam pengurusan KITAS, seperti Kementerian Ketenagakerjaan untuk KITAS tenaga asing juga BKPM untuk pengurusan KITAS investor asing.

Sahedi berharap melalui arahan Presiden, beberapa instansi terkait dapat bekerjasama dan kolaboratif untuk mempercepat proses pengurusan dokumen KITAS.

Dia menambahkan, sebagai respon arahan presiden beberapa hari lalu, Ditjen Keimigrasian telah menambah jumlah negara untuk Visa on Arrival dan efektif per hari ini melalui surat edaran yang dikeluarkan pada Rabu (14/9/2022). (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved