DPRD Sigi

Paripurna Pembahasan APBD 2023, Pemkab Sebut Pembangunan Kantor DPRD Sigi Menjadi Prioritas

DPRD Sigi menggelar Paripurna terkait Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Pengajuan Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD 2023

Penulis: Moh Salam | Editor: Salam Kerimov
TribunPalu.com/ Moh Salam
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sigi menggelar Paripurna terkait Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Pengajuan Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD Tahun Anggaran 2023. 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sigi menggelar Paripurna terkait Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Pengajuan Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD Tahun Anggaran 2023.

Paripurna itu bertempat di Ruang Sidang Utama DPRD Sigi, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (30/9/2022).

Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi tentang APBD Tahun 2023 dibacakan oleh Asisten I Andi Ilham. 

Andi Ilham pun menjelaskan terkait pertanyaan Partai Gerindra pemerintah daerah merencanakan dan menganggarkan kembali pembangunan kantor DPRD Sigi yang telah direncanakan sejak lama.

"Pemerintah daerah telah menganggarkan pembebasan lahan kantor DPRD dan untuk pembangunan kantor tentunya akan menjadi prioritas selanjutnya, " ujar Asisten I saat menjawab Pertanyaan dari Fraksi Partai Gerindra. 

Baca juga: Paripurna Pembahasan APBD 2023, Fraksi Gerindra Pertanyakan Pembangunan Gedung DPRD Sigi

Selain itu Asisten I menjawab salah satu pertanyaan partai Demokrat terkait adanya potensi inflasi bahkan potensi resesi ditahun 2023 akibat kenaikan BBM. 

"Pemerintah Kabupaten Sigi telah menyusun skema terkait dengan penanganan dampak inflasi pada masyarakat akibat kenaikan BBM melalui skema Bansos, Belanja Subsidi, dan Operasi Pasar," kata Andi Ilham menjawab pertanyaan Partai Fraksi Demokrat. 

Baca juga: KPU Sigi Rakor Persiapan Verifikasi Administrasi Perbaikan

Dia pun menjelaskan, semua usulan dan saran dari Fraksi-fraksi akan menjadi perhatian dan disikapi untuk menjadi bahan yang akan dirumuskan bersama dalam tingkat pembahasan selanjutnya pada masing-masing OPD. 

Paripurna itu dipimpin oleh Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae didampingi Wakil Ketua I Rahmat Saleh dan Waket II Imran Latjedi. 

Sebanyak 24 Anggota DPRD Sigi hadir dalam Paripurna tersebut. 

Sementara enam orang lainnya tidak hadir antara lain Dinie Dewi Mariaty dan Yakob Ntanggo izin kedukaan serta Jamaludin L Nusu tugas luar.

Sedangkan Ruslan sakit dan Sven Denis Harold Simon Lompe tanpa keterangan.

Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae mengatakan, untuk membahas Rancangan APBD tahun anggaran 2023 adalah Badan Anggaran (Banggar) bersama tim anggaran Pemkab Sigi. 

"Masa kerja Banggar selama 35 hari kerja, mulai hari ini 30 September sampai 17 November 2022," tuturnya.

Usai Paripurna, Banggar DPRD Sigi dan Tim Anggaran Pemkab Sigi langsung rapat membahas Rancangan APBD 2023. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved