Sigi Hari Ini

Bupati Sigi Temui Menteri ATR/BPN, Target Bangun Gedung Olahraga di Eks HGU Hasfarm Pombewe

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta menyampaikan sejumlah persoalan di Kabupaten Sigi kepada Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. 

Penulis: Moh Salam | Editor: mahyuddin
handover
Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta bertemu dengan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta.  

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Moh Salam 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta bertemu dengan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta. 

Rombongan Bupati Sigi antara lain Kakanwil BPN Sulteng, Asisten Bid Perekonomian & Pembangunan, Sekretaris GTRA Sigi, Kaban BP3D, Kadis PU, Kabag Hukum & Kepala Kantor BPN Kabupaten Sigi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta menyampaikan sejumlah persoalan di Kabupaten Sigi kepada Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto

Orang nomor satu di Kabupaten Sigi itu membahas penyelesaian penetapan hak dan pemanfaatan lahan eks HGU Hasfarm di Desa Pombewe dan Desa Oloboju seluas 362 hektare.

Suami Hazizah itu menuturkan, pihaknya telah memprogramkan lahan tersebut untuk membangun berbagai sektor dalam rangka menumbuhkan perekonomian Kabupaten Sigi.

"Jadi kami telah memprogramkan lahan tersebut untuk membangun berbagai sektor dalam rangka menumbuhkan perekonomian Kabupaten Sigi salah satunya Ruang terbuka hijau," ujar Bupati Sigi, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Data Tambahan Stimulan Rumah Rusak di Sigi Belum Dibiayai Sebanyak 10.851 Unit

Sektor yang akan dibangun antara lain Sarana Olahraga Terpadu; Balai Pengembangan Ekonomi Kerakyatan; Lahan Pertanian Bersama (TORA); Ruang Terbuka Hijau; Hutan Kota; Pusat Kebudayaan & Keagamaan; dan Fasilitas Pengolahan Sampah Debris;

Selain itu, sektor Balai Ketenagakerjaan & Transmigrasi; Fasilitas Olahraga & Fasilitas Umum; dan Lahan Cadangan untuk Kementerian/Lembaga.

Irwan Lapatta mengatakan, pemanfaatan lahan bertujuan untuk menjaga lahan tersebut agar tidak dikuasai oleh pihak-pihak tertentu dan mempermudah pelaksanaan pendayagunaan lahan eks HGU Hasfarm. 

"Saya harap dengan Kunjungan Pemkab Sigi ini, Menteri ATR/BPN dapat menyetujui permohonan Pemkab Sigi terkait lahan eks HGU Hasfarm demi kepentingan ekonomi masyarakat," tutur Irwan.

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyetujui lahan eks HGU Hasfarm untuk dimanfaatkan secara optimal baik bagi Pemkab Sigi secara umum maupun masyarakat Sigi secara khusus. 

Baca juga: Pemkab Sigi Canangkan Program Kampung Durian di Sungku Kulawi

Dia menyebut, lahan seluas 157 hektare dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian bersama rakyat (TORA).

Mantan Panglima TNI itu pun akan segera menindaklanjuti permintaan Pemkab Sigi dengan membentuk tim verifikasi subjek untuk menginventarisir lahan di daerah tersebut. 

"Kami akan segera menindaklanjuti permintaan Pemkab Sigi dengan membentuk tim verifikasi subyek untuk menginventarisir lahan di daerah tersebut, agar nantinya bisa segera dapat diberdayakan untuk kepentingan masyarakat," ungkap Hadi Tjahjanto.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved