DPRD Sigi

DPRD Sigi Usulkan 4 Ranperda Inisiatif, Salah Satunya Fasilitasi Penyelenggaran Pesantren

Bapemperda DPRD Kabupaten Sigi mengajukan Empat buah Ranperda Inisiatif pada Paripurna Ketigabelas masa persidangan pertama tahun sidang 2022-2023

Penulis: Moh Salam | Editor: Salam Kerimov
TribunPalu.com/ Moh Salam
Bapemperda DPRD Kabupaten Sigi mengajukan Empat buah Ranperda Inisiatif pada Paripurna Ketigabelas masa persidangan pertama tahun sidang 2022-2023 

TRIBUNPALU.COM, SIGI - Bapemperda DPRD Kabupaten Sigi mengajukan Empat buah Ranperda Inisiatif pada Paripurna Ketigabelas masa persidangan pertama tahun sidang 2022-2023. 

Paripurna itu bertempat di Ruang sidang utama DPRD Sigi, Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (9/12/2022)

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Sigi Jamaludin L Nusu mengatakan, Pihaknya menyetujui dan menetapkan empat Ranperda dengan beberapa saran dan masukan dari Fraksi-fraksi sebagai usul Prakarsa DPRD Sigi untuk diajukan pada masa persidangan pertama tahun sidang 2022-2023. 

Keempat Ranperda itu antara lain Ranperda tentang Penyelenggaran Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat serta Ranperda tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Baca juga: Pemkab Ajukan Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah, Ini Alasannya

Selain itu dua Ranperda Prakarsa DPRD lainnya seperti tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani serta Ranperda tentang Fasilitasi Penyelenggaran Pesantren.

"Perlu kami sampaikan bahwa Empat Ranperda ini telah melalui tahapan proses pengharmonisasian, pembulatan serta pemantapan konsepsi oleh Kementerian Hukum dan Ham wilayah Sulawesi Tengah, " ujar Jamaludin L Nusu, Jumat (9/12/2022)

Legislator Partai Gerindra itu menjelaskan, salah satu Ranperda diajukan adalah Fasilitasi Penyelenggaran Pesantren.

Menurutnya, pemerintah daerah selama ini telah memberikan perhatian terhadap penyelenggaraan Pesantren berupa pemberian hibah dan bantuan sosial namun dalam lingkup terbatas.

Baca juga: Berlangsung 2 Hari, Puluhan UMKM Ramaikan Festival Media Sulawesi Tengah

"Berdasarkan fakta konkret ini maka pemerintah daerah berkewajiban memberikan dukungan dan fasilitasi penyelenggaraan Pesantren dalam lingkup yang lebih luas sesuai batas yang dibolehkan oleh peraturan perundang-undangan untuk mempersiapkan warga negara berkontribusi mewujudkan tujuan pembangunan daerah, " tuturnya. 

Jamaludin pun berharap, nantinya keempat Ranperda Prakarsa DPRD tersebut dapat disetujui pada tingkat selanjutnya. 

"Semoga keempat Ranperda ini dapat disetujui oleh rapat paripurna untuk dibahas bersama Bupati pada tingkat pembicaraan selanjutnya, " sebutnya.

Diketahui Paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Sigi Imran Latjedi didampingi Waket I Rahmat Saleh.

Pemerintah Kabupaten Sigi diwakili Pj Sekretaris Kabupaten Sigi Nuim Hayat.

Sebanyak 21 Anggota DPRD Sigi hadir pada paripurna tersebut. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved