BBTNLL Sebut Aktivitas Tambang Ilegal Dongi-dongi Belum Sepenuhnya Steril

Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) mengakui aktivitas tambang ilegal di Dongi-Dongi, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, memang belum steril

BBTNLL Sebut Aktivitas Tambang Ilegal Dongi-dongi Belum Sepenuhnya Steril
TRIBUNPALU.COM/Muhakir Tamrin
Kepala BBTNLL Jusman 

TRIBUNPALU.COM, PALU - Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) mengakui aktivitas tambang ilegal di Dongi-Dongi, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, memang belum sepenuhnya steril.

"Oleh karenanya pengawasan bersama unsur kepolisian, BTNLL dan masyarakat terus dilakukan," kata Kepala BBTNLL Jusman, Kamis (23/1/2020) siang.

Pihaknya berharap, dengan dukungan semua pihak, aktivitas illegal di kawasan Taman Nasional Lore Lindu tersebut dapat berhenti sama sekali.

Menurutnya, banyak hal-hal positif yang ada di Dongi-dongi saat ini, termasuk geliat masyarakat menanam pohon.

Juga inisiasi pengembangan pariwisata alam serta sekolah alam yang terus mengawal anak-anak generasi penerus untuk cinta lingkungan dan budayanya.

Sebelumnya, sebanyak 4 orang ditangkap Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah karena diduga terlibat aktivitas tambang ilegal.

Mereka ditangkap karena diduga melakukan tindak pidana bidang mineral dan batu bara.

Keduanya kedapatan mengangkut material hasil tambang berupa pasir alias reff tanpa izin dari yang ditambang di daerah Dongi-dongi, Kabupaten Poso.

Mereka ditangkap polisi saat berada di lokasi pengolahan material reff di wilayah Kelurahan Kawatuna, Kota Palu.

"Mereka ditangkap di dua lokasi berbeda yakni di tanggal 7 dan 8 Januari 2020," jelas Kepala Bidang Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto, Rabu (15/1/2020) siang.

Halaman
12
Penulis: Haqir Muhakir
Editor: Imam Saputro
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved