Kabar Internasional

Langkah Antisipasi Pandemi, Wuhan Resmi Keluarkan Aturan Larangan Konsumsi dan Peternakan Hewan Liar

Pemerintah Wuhan, China mengumumkan aturan larangan untuk mengonsumsi dan berternak hewan liar pada Rabu (20/5/2020). Bagaimana cara penerapannya?

Yuri Tutov/AFP via Getty Images
Hewan penghasil bulu yang diternakan - Pemerintah Wuhan, China mengumumkan aturan larangan untuk mengonsumsi dan berternak hewan liar pada Rabu (20/5/2020). Bagaimana cara penerapannya? 

TRIBUNPALU.COM - Dugaan merebaknya virus corona akibat zoonosis di pasar basah Wuhan masih belum mendapatkan titik terang.

Meskipun belum ada bukti kuat, tetapi para ahli menduga keterlibatan hewan liar sangat berpengaruh dalam penyebaran Covid-19 yang telah mengancam manusia di seluruh dunia.

Oleh karena itu, atas dasar keprihatinan para ahli konservatif akan perburuan hewan liar sebagai daging konsumsi membuat mereka bergerak untuk mendesak World Health Organization (WHO) untuk menutup pasar hewan liar di seluruh dunia.

Hal tersebut tak lepas dari kekhawatiran mereka soal masa depan akan adanya pandemi baru yang bisa saja terjadi akibat penularan dari satwa liar.

Ratusan Ahli Desak WHO Tutup Pasar Satwa Liar: tak Lagi Murah, Hewan Liar malah Jadi Kuliner Mewah

Dikutip dari The Independent yang tayang Rabu (8/4/2020), lebih dari 200 ahli terlibat dalam aksi ini.

Para ahli tersebut tergabung dalam sebuah gerakan dan telah menandatangani surat terbuka.

Mereka tak hanya menginginkan pasar hewan liar ditutup, tetapi juga mendesak adanya peraturan yang melarang pemanfaatan satwa liar sebagai obat tradisional.

Menanggapi desakan itu, WHO kemudian mengambil langkah-langkah preventif demi mencegah pandemi berikutnya serta memberikan perlindungan terhadap kesehatan masyarakat.

Dikutip dari BBC, satu di antara langkah yang diambil adalah pemberlakuan standar keselamatan dan kebersihan yang lebih ketat di pasar basah atau pasar hewan liar.

Tak hanya itu, WHO meminta pemerintah tiap negara untuk lebih ketat melakukan larangan penjualan dan perdagangan satwa liar.

Halaman
1234
Penulis: Isti Tri Prasetyo
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Palu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved