Protokol Masyarakat Hidup Aman dengan Covid-19 Dirumuskan, Daya Tular Virus Corona Harus Diturunkan

Harus ada ketentuan tentang bagaimana caranya hidup berdampingan, mengingat virus corona Covid-19 begitu mudah menular.

Geosiar
Ilustrasi 

TRIBUNPALU.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharto Manoarfa mengatakan, pemerintah tengah merumuskan protokol masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

Pemerintah menyiapkan dasar argumentatif dalam menerapkan kebijakan tersebut sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"(Harus) kredibel data-datanya itu. Sehingga dengan demikian kita bisa punya pertanggungjawabkan akuntabilitasnya kepada publik. Bahwa kalau sebuah kebijakan itu ditelurkan, terutama terkait dengan kesehatan, itu benar-benar bisa diterima," ujar Suharso melalui video conference, Rabu (20/5/2020).

Suharso mengatakan, saat ini tidak ada pilihan dalam menghadapi penyebaran Covid-19, selain dengan hidup berdampingan.

Jumlah Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Pemerintah Diminta Tidak Longgarkan PSBB

Cuma Ambil Untung Rp1.000 per Porsi Geprek Bensu, Ruben Onsu: Saya Mah Bukan Usaha yang Mewah Gitu

Setelah Viral Lelang Keperawanan Rp2 Miliar dan Minta Maaf, Sarah Keihl Rehat dari Media Sosial

Namun, harus ada ketentuan tentang bagaimana caranya hidup berdampingan, mengingat virus corona Covid-19 begitu mudah menular.

Pemerintah pun merujuk pada aturan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam merumuskan protokol masyarakat produktif yang aman dari Covid-19.

"Jadi WHO memberikan beberapa indikator yang diminta untuk dapat dipatuhi oleh semua negara di dunia. Dalam rangka menyesuaikan kehidupan normalnya, new normalnya itu dengan Covid-19, sampai kita belum menemukan vaksin," tuturnya.

"Pertama adalah terkait dengan bagaimana kita tidak menambah penularan atau memperluas penularan, atau kita semaksimalnya mengurangi penularan," kata Suharso Monoarfa.

Lalu, Suharso Monoarfa menyinggung soal cara menekan laju penyebaran wabah virus corona Covid-19 dengan mempertimbangkan daya tular.

Menurut Ketua Umum PPP itu, terdapat sebuah metode yang disebut dengan basic productive number.

Halaman
123
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved