Wacana Sekolah Kembali Dibuka saat New Normal, Pihak Istana Sebut Masih Dalam Pengkajian

Donny Gahral selaku Juru Bicara Kantor Staf Presiden, mengatakan keputusan soal kapan sekolah dibuka kembali masih belum pasti.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ILUSTRASI aturan baru di sekolah, di tengah wabah virus corona ---- Siswa sekolah dasar negeri 002 Ranai melakukan aktivitas belajar menggunakan masker di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia, Selasa (4/2/2020). Proses belajar mengajar kembali berlangsung setelah sebelumnya sempat akan diliburkan selama 14 hari terkait lokasi observasi WNI dari Wuhan, China yang berada di Natuna. 

TRIBUNPALU.COM - Pemerintah Indonesia kini tengah mempersiapkan tatanan kehidupan baru atau new normal di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Namun, wacana new normal di dunia pendidikan pun masih belum mendapat kepastian alias 'menggantung', meski tahun ajaran baru 2020/2021 rencananya dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang.

Apakah sekolah-sekolah akan kembali dibuka?

Donny Gahral selaku Juru Bicara Kantor Staf Presiden, mengatakan keputusan soal kapan sekolah dibuka kembali masih belum pasti.

Pasalnya, nasib di pendidikan di era new normal ini masih dikaji oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Arahan presiden (tahun ajaran baru yang seharusnya dibuka 13 Juli mendatang, red), masih dikaji kembali secara mendalam."

"Sampai kapan sekolah akan dibuka, tergantung hasil kajian dari Kemenko PMK dan Kemendikbud," ujar Donny dalam diskusi Satu Meja The Forum Kompas TV.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Donny Gahral Adian (Tangkap layar channel YouTube KompasTV)
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Donny Gahral Adian (Tangkap layar channel YouTube KompasTV) (Tangkap layar channel YouTube KompasTV)

Lontarkan Kalimat Betah di Dalam, Ferdian Paleka Jadi Sorotan Lagi Setelah Bebas dari Penjara

Satu Keluarga di Surabaya Meninggal Dunia Diduga Terpapar Covid-19, Hasil Tes Swab Masih Ditunggu

Update WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri Jumat, 5 Juni 2020: Ada 1 WNI yang Terinfeksi di Chile

Kendati demikian, Donny menuturkan, ada kemungkinan sekolah akan ditunda untuk dibuka kembali.

Terlebih, penularan virus corona di lingkungan sekolah terlalu berisiko terhadap para pelajar.

"Kemungkinan akan ditunda karena terlalu berisiko, artinya kesehatan masih diprioritaskan," jelas Donny.

Halaman
123
Editor: Rizkianingtyas Tiarasari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved